Ribuan Nelayan Cilacap Unjuk Rasa Tolak Pembangunan PLTU

Ditulis 07 Jun 2010 - 13:26 oleh Banyumas1
|
Berita Kategori
Tak Berkategori
54
Dalam Tag

CILACAP-Ribuan nelayan di Kabupaten Cilacap, Senin (06/06) siang melakukan aksi unjuk rasa. Mereka menolak rencana pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Uap(PLTU).Karena pembangunan tersebut mengancam turunnya pendapatan ikan nelayan setempat.

Setelah meakukan longmarch dari halaman kantor bupati, sekitar dua ribu nelayan kemudian menuju kantor DPRD setempat. Massa yang ingin masuk ke halaman gedung dihadang aparat setempat.

Suasana menjadi ricuh, saat mereka berusaha masuk dengan mendorong pintu halaman gedung. Massa yang marah kemudian melempari aparat dengan kardus dan botol minuman ringan. Aksi salng dorong tak bisa terelakan ketka massa tetap memaksa bertemu dengan anggota dewan.

Namun aparat akhirnya hanya mengijinkan perwakilan pendemo yang masuk. Pendemo menuntut agar rencana pembangunan PLTU di pantai Bunton Kecamatan Adipala Cilacap dibatalkan. Karena berdampak berkurangnya pendapatan nelayan. Hal tersebut berdasar pengalaman dengan dibangunnya PLTU karangandri Cilacap yang membuat nelayan di pantai tersebut kini terpuruk.

Pendemo akhirnya deterima Ketua DPRD Fran Lukman. Dewan yang menjanjikan akan menampung aspirasi mereka. Pendemo mengancam jika dewan menyetuji pembanguanan PLTU tersebut, akan melakukan aksi demo besar besaran BNC/nis)

Tentang Penulis

Leave A Response