Warga Kebumen Pilih Bupati

Kebumen – Warga Kabupaten Kebumen (Jateng), mendatangi tempat pemungutan suara (TPS) di masing-masing tempat tinggalnya. Hari ini Minggu (6/6) warga Kebumen menentukan bakal calon pasangan bupati dan wakil bupati untuk periode lima tahun mendatang. Pemungutan dan penghitungan suara dilaksanakan di 2070 TPS.

Pemungutan suara, dilakukan mulai jam 07.00 – 13.00. Sedangkan penghitungan suara di 2070 TPS, dilakukan setelah jam 13.00 sampai dengan selesai. Kegiatan pemungutan dan penghitungan suara harus diselesaikan KPPS pada hari itu juga.

Proses distribusi logistik untuk keperluan pemungutan dan penghitungan suara di TPS, telah selesai dilakukan KPU Kabupaten Kebumen sesuai jadwal. Logistik Pemilu Bupati dan Wakil Bupati Kebumen 2010 Putaran II, dikemas di dalam satu kotak suara. Jumlah surat suara yang sudah siap digunakan untuk pemungutan suara sebanyak 988.066 lembar. Setiap TPS disiapkan 2 bilik suara untuk keperluan pemilih mencoblos secara rahasia dan bebas.

Jumlah surat suara itu didasarkan pada jumlah pemilih yang tercatat di Daftar Pemilih Tetap (DPT) 973.723 orang ditambah cadangan 2,5 persen. Surat suara tersebut, berisi nomor urut, nama dan gambar pasangan calon KH M Nashirruddin AM-H Probo Indartono SE MSi dan pasangan calon H Buyar Winarso–Djuwarni AMd Pd.

KPU Kebumen juga sudah memberi buku petunjuk tehnis kepada KPPS. Selain harus melaksanakan pemungutan dan penghitungan suara sesuai dengan Peraturan KPU Nomor 72 tahun 2009 tentang Pedoman Tata Cara Pelaksanaan Pemungutan dan Penghitungan Suara Pemilu Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah di Tempat Pemungutan.

Salah satu kewajiban KPPS memberikan salinan sertifikat dan lampiran hasil penghitungan suara atau formulir C 1 dan lampiranya. Salinan Formulir C 1 dan lampiranya berisi perolehan suara pasangan calon bupati dan wakil bupati kepada saksi yang diberi mandat oleh tim kampanye pasangan calon dan pengawas pemilu lapangan.

Disamping itu, panitia pemungutan suara juga wajib mengumumkan hasil penghitungan di tiap TPS di wilayah kerja PPS. Pengumuman hasil penghitungan suara yang dilakukan KPPS bisa di balai desa, balai kelurahan atau tempat umum lainnya. (BNC/tgr)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.