Investor Autralia kembangkan budidaya gurame organik di Purbalingga

Ditulis 26 Jul 2009 - 23:04 oleh Banyumas1

Kabupaten Purbalingga menjajaki pengembangan gurame organik. Penjajakan ini setelah Pemkab Purbalingga kedatangan investor Australia yang akan menerima hasil produksi gurame organik.

Kabid Perikanan Disnakan Purbalingga Sediyono menuturkan, investor Australia akan menampung hasil gurame organik. Gurame organik ini akan dikembangkan dengan model budidaya pakan organik pula.

Selama ini pembudidaya gurame hanya mempunyai pasar yang sangat terbatas, meliputi Jakarta, Bandung, Semarang serta masih dipasarkan dalam negeri. Diharapkan adanya budidaya gurame organik ini, petani pembudidaya gurame organik akan mampu mengekport ikan gurame.

Dijelaskan Sediyono, sebelumnya pembudidaya gurame di Purbalingga kesulitan mendapatkan pasokan benih. Namun sekarang benih gurame dapat dibeli di Unit Perbenihan Rakyat (UPR), dibawah binaan Disnakan.Dari data tahun 2008, produktivitas gurame mencapai 2000 ton pertahun atau sekitar 160 ton perbulan (banyumasnews.com/uma)

Tentang Penulis

& Komentar so far. Feel free to join this conversation.

  1. WIDI 28/11/2011 pukul 11:23 -

    Kebetulan saya sudah mengembangkan ternak lele dengan metode organik dengan media kotoran sapi difermentasi dengan baktreri silanace dan hasilnya sangat luar biasa bisa menekan pakan pelet.keuntungan dengan pakai organik bisa maksimal.Mohon dikirimkan metode ternak gurami organik.

    Salam Sukses
    Widi / 083839996998/085234937921

  2. Nendi Hendrian 26/07/2010 pukul 10:35 -

    Salam Kenal,

    Menyimak dari isi berita diatas, Saya tertarik untuk belajar cara tepat budi daya Gurame Organik di daerah bapak/ibu, kebetulan sekali, saat ini Saya sedang merintis usaha budi daya ikan, khususnya di Pembenihan & Pembesaran Lele Sangkuriang dan Gurami. Untuk usaha Lele Sangkuriang, Saya sudah melakukan pengembangan budi daya dengan sistim organik, sementra untuk budi daya gurami, saya masih mengikuti budi daya dengan sistem konvensional.
    Sekiranya bapak/Ibu dapat share/berbagi ilmu mengenai Budi Daya Guarami Organik dengan pola pengembangan budi daya yang saat ini dilakukan, Saya sangat tertarik dan berminat untuk belajar di tempat bapak/ibu. Untuk lebih jelasnya, jika memang ada kegiatan pelatihan yang diadakan di tempat bapak/ibu, saya ingin bergabung.

    Semoga kita dan Indonesia bisa menjadi negara pengekspor Gurami terbesar di dunia.

    Salam Suskes,
    NENDI HENDRIAN / 0817402354

Leave A Response