Selama Sepekan,Elpiji 3 Kilogram di Banyumas Menghilang

Ditulis 04 Jun 2010 - 13:16 oleh Banyumas1

Para pengecer yang kecele, karena selama sepekan tak mendapatan elpiji (foto:BNC/nis)

Para pengecer yang kecele, karena selama sepekan tak mendapatan elpiji (foto:BNC/nis)

BANYUMAS-Selama sepekan lebih, warga di wilayah Banyumas  kesulitan mencari Elpiji ukuran 3 kilogram. Sejumlah agen terlihat memasang tulisan ‘Gas Elpiji Habis’. Belum diketahui secara pasti penyebab menghilangnya baha bakar yang satu ini.

Akibat kelangkaan ini, sejumlah warga terpaksa membeli elpiji ukuran besar. Begitu pula dengan para pedagang yang biasa menggunakan elpiji ukuran 3 kilogram, kini kelabakan dan terpaksa menggunakan kompor.

Di sejumlah pangkalan terlihat antrean para pengecer yang sedang mengunggu kedaangan elpiji. “Saya sudah tiga kali kesini, belum juga ada mas,” ujar Ratno, pengecer elpiji di Karanglewas.

Sejumlah warga mencurigai, hilangnya elpiji tersebut menyusul naiknya harga sejak 1 Juni kemarin. Diduga ada spekulan yang melakukan penimbunan, sehingga elpiji sulit diperoleh.

Sejumlah pemilik pangkalan dan agen serta pengecer mengaku tidak tahu pasti penyebab kelangkaan elpiji tersebut. “ Memang katanya sekarang stoknya dikurangi, tapi ya ndak tahulah, yang jelas sudah hampir seminggu kami juga belum dikirimi,” ujar Ripto seorang pengecer di Ajibarang.

Pemantauan BanyumasNews.Com di sejumlah pangkalan, terdapat tumpukan tabung elpiji yang kosong. Menurut mereka, sejak akhir Mei kemarin, pengiriman tabung gas dikurangi. “ Kita biasanya dapat 25 tabung, sekarang cuma 10,” ujar pemilik pangkalan di komplek pasar Cilongok.

Sementara itu di SPBU Ajibarang, ratusan tabung gas kosong juga teronggok di tempat tersebut. Menurut petugas, menjelang kenaikan harga, mereka jarang mendapat kiriman elpiji ukuran 3 kilogram (BNC/mut).

Tentang Penulis

Leave A Response