PIC DPRD Purbalingga Mati Suri

Purbalingga – Website resmi DPRD Purbalingga, www.dprd-purbalingga.com sejak sekitar setengah tahun lalu, website itu tidak lagi bisa diakses. Setiap kali dibuka, selalu muncul tampilan dengan kalimat Sorry, the website cannot be found, di webpage milik Telkom Indonesia.

“Betul, sekarang lagi mati suri,” tutur Kepala Bagian Umum dan Humas Sekretariat DPRD Purbalingga, Wahyu Ekonanto di ruang kerjanya, Kamis (3/6).

Website itu, menurut Wahyu, sedang dalam perbaikan. Tapi Wahyu mengaku tidak tahu persis kapan perbaikan itu akan selesai.

Situs Web www.dprd-purbalingga.com mulai dioperasikan Agustus 2009. Website itu merupakan output dari Perda Information Center (PIC) DPRD Purbalingga. Sesuai namanya, ratusan produk hukum berupa peraturan daerah (perda) yang diproduksi pemkab dan DPRD Purbalingga bisa diakses melalui website milik DPRD Purbalingga tersebut.

Keberadaan website itu bisa memenuhi kebutuhan masyarakat termasuk wartawan yang membutuhkan draft perda. Dengan mengakses website tersebut, perda produk tahun 1983 hingga 2008 tersaji didalamnya.

Tapi sejak website itu mati suri, wartawan kesulitan mengutip isi sebuah perda untuk melengkapi berita. Wartawan terpaksa meminta hard copy (teks dalam kertas)  perda yang dibutuhkan dari Bagian Hukum Setda atau instansi lainnya.

“Kalau mau mengutip pasal dari undang-undang, peraturan pemerintah atau produk hukum lainnya, kita mudah mendapatkan. Tapi perda Purbalingga kan hanya bisa diakses di website DPRD itu,” ujar tutur Cahyo, seorang wartawan di Purbalingga. (BNC/ost/tgr)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.