Kentongan dan Barongsai ramaikan pesta rakyat BRI

Barongsai dan kentongan ternyata seni yang selama ini menjadi daya tarik penonton.Tak heran jika banyak acara yang menampilkan kedua seni tradisionil ini. Seperti dalam acara pesta rakyat yang digelar Bank BRI cabang Ajibarang Banyumas . Ratusan penonton dibuat terkagum kagum menyaksikan pementasan tersebut.

Pesta rakyat yang berlangsung di lapangan Desa Pernasidi Kecamatan Cilongok Banyumas ini mampu menyedot ratusan penonton.Mereka menikmati alunan musik dari bambu ini dengan hikmat. Seni tradisi khas Banyumasan ini selain memiliki musik yang rancak juga tarian mayoretnya yang berlenggak lenggok layaknya mayoret dalam kelompok drum band, namun sesekali menari seperti penari ronggeng.

Sementara kelompok barongsari Klenteng Purwokerto yang sudah beberapakali menjuarai lomba tingkat nasional mampu membuat penonton berdecak kagum karena atraksi atraksi yang berbahaya .

Selain hiburan, dalam pesta rakyat ini juga dipamerkan produk produk lokal yang merupakan usaha binaan bank tersebut seperti makanan , kain batik Banyumasan dan produk susu kambing etawa serta ternak kelinci.

Menurut Pimpinan BRI cabang Ajibarang, Antonius Suhartono, pesta rakyat sengaja menampilkan hiburan yang sangat dekat dengan masyarakat, serta produk lokal karya perajin di Banyumas. “Dengan cara seperti itu masyarakat diharapkan perduli dengan kesenian dan hasil karya warga sendiri,” ujar Antonius.

Selain pementasan seni, juga dilakukan undian berhadiah dan pawai motor. Malam harinya digelar parade band dan pentas wayang kulit (banyumasnews.com/n-1)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.