Satu Keluarga di Ajibarang Keracunan Bumbu Pecel, 2 kritis

Ditulis 31 Mei 2010 - 19:28 oleh Banyumas1

Petugas medis memerksa korban keracunan warga Ajibarang (foto:mut/BNC)

Petugas medis memerksa korban keracunan warga Ajibarang (foto:mut/BNC)

BANYUMAS-Satu keluarga di Banyumas Jawa Tengah mengalami keracunan setelah mengkonsumsi makanan pecel. Dua orang dalam kondisi parah dan dilarikan ke rumah sakit. Petugas kini masih menyelidiki penyebab keracunan tersebut. Dugaan sementara racun tersebut berasal dari bumbu pecel yang sudah basi.
Keterangan yang dihimpun BNC menyebutkan,keluarga Tarmidi, 40 tahun, warga Desa Kracak Kecamatan Ajibarang Banyumas ini, Senin (31,05) sore mengalami keracunan. Tujuh orang, satu keluarga ini terdiri orang tua, anak dan cucu. Mereka mengalami  gejala mual setelah mereka menyantap makanan berupa pecel dengan urab daun ubi jalar.

Petugas memeriksa barang bukti bumb pecel (foto:mut/BNC)

Petugas memeriksa barang bukti bumb pecel (foto:mut/BNC)

Menurut Tarmidi (540 salah seorang korban, usai memakan pecel pada pagi hari, mereka tidak merasakan gejala apa apa. Namun menjelang sore, salah satu dari mereka mendadak mual mual dan muntah. kondisi serupa kemudian dialami keluarga yang lain.

” Ujug ujug keluarga kulo pada muta sedoyo, rasane mual trus panas pusing,” ujar Tarmidi.

Bumbu pecel yang diduga menjadi penyebab keracinan satu keluarga warga Kracak Ajibarang (foto:mut/BNC)

Bumbu pecel yang diduga menjadi penyebab keracinan satu keluarga warga Kracak Ajibarang (foto:mut/BNC)

Beruntung seorang tetangga melihat kejadian tersebut dan segera meminta pertolongan dengan memanggil petugas medis. Mereka yang mengalami keracunan masin masing Tarmidi (54), Darsem (50), Tarsiti (30), Salimah (27) ,Suwarso (25) Jaminah (24) dan Didi (19). Korban parah Didi dan Suwarso, Senin petang dlarikan ke RSUD Ajibarang.

Meski tidak sampai memakan korban jiwa, namun dua orang hingga Senin petang masih dalam kondisi kritis karena terus muntah. Keduanya kemudian dilarikan ke rumah sakit untuk mendapat perawatan intensif.

Petugas medis yang datang ke lokasi menemukan bumbu pecel yang diduga menjadi penyebab keracunan. Untuk penyelidikan lebih lanjut, bumbu pecel yang diduga sudah basi itu dibawa ke laboratorium untuk diteliti (BNC/mut).

Tentang Penulis

Leave A Response