Kebutaan Mata di Indonesia Tertinggi di Asia

Ditulis 30 Mei 2010 - 20:45 oleh Banyumas1

Yogya – Tingkat kebutaan mata di Indonesia ternyata rangking pertama di Asia. Kebutaan ini disebabkan karena katarak maupun kebutaan yang disebabkan glaukoma. Katarak juga merupakan penyebab kebutaan nomor satu di Indonesia.

“Angka kejadiannya mencapai 1,5 persen penduduk. Namun, katarak tidak permanen. Artinya masih bisa disembuhkan melalui operasi,” kata pakar kesehatan mata Asri Medical Center-Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (AMC-UMY), dr Nurfifi Arliani SpM, Minggu (30/5).

Menurut Nurfifi Arliani, katarak dapat disebabkan beberapa hal. Namun, yang paling banyak diderita masyarakat akibat penuaan atau degenerasi. Gejala awal katarak muncul saat terjadi penurunan penglihatan sedikit demi sedikit. Pada stadium awal, lanjut Nurfifi, penderita katarak akan merasa silau pada siang hari, atau malam hari bila terkena cahaya lampu sehingga merasa nyaman pada kondisi remang-remang. “Selain itu, penderita umumnya juga tetap mengeluh kabur walau sudah berulang kali ganti kacamata. Pada stadium lanjut, ia tidak dapat melihat secara jelas lagi karena hanya bisa melihat bayang-bayang,” ujarnya. (BNC/tgr)

Tentang Penulis

Leave A Response