Dari sensus 2010: Sembilan warga Banjarnegara berusia di atas 100 tahun

Ditulis 29 Mei 2010 - 18:19 oleh Banyumas1

BANJARNEGARA – Kegiatan sensus penduduk tahun 2010 mengungkapkan data yang cukup sensasional. Urutan rekor manusia tertua mungkin perlu diubah dengan temuan-temuan yang ada dari sensus ini.

Seperti di Banjarnegara misalnya, dari pendataan sensus terungkap ada sembilan (9) warga di kabupaten ini yang diketahui berusia di atas 100 tahun, yaitu antara 103-137 tahun. Mereka ada yang lahir di era bupati Banjarnegara pertama, Dipodiningrat yang menjabat pada 1846 – 1876. Menurut Kasi Sosial Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Banjarnegara, Marlianto Eko Basuki, warga berusia diatas satu abad itu tersebar di sejumlah kecamatan.

Warga tertua adalah Sanmarta yang berusia 137 tahun, yang menjadi warga Desa Kedawung, Kecamatan Susukan. Sedangkan seorang warga yang berusia 133 tahun, bernama Mawiredja, berada di Desa Rakitan, Kecamatan Madukara.

Mereka yang berusia 100 tahun lainnya (tujuh warga lain) tersebar di di Desa Merden  Kecamatan Purwonegara, desa Gemuruh Kecamatan Bawang, Kelurahan Semarang, desa Pagedongan, desa Kesenet — Kecamatan Banjarmangu, desa Paweden Kecamatan Karangkobar dan desa Penanggungan Kecamatan Wanayasa.

Menurut Marlianto, kondisi sembilan warga itu masih sehat meski mulai pikun. Karenanya untuk memastikan usia warga tersebut benar-benar lebih dari 100 tahun, menurutnya petugas harus meminta bantuan beberapa pihak di lingkungan sekitar tempat tinggal yang bersangkutan..

Sebagai contoh, ada informasi  seorang warga di Desa Rakitan berusia 133 tahun, bernama Mawiredja. Dia mengaku masa kecilnya adalah ketika bupati Banjarnegara masih dijabat Dipodiningrat, yaitu bupati pertama yang menjabat pada tahun 1846 – 1876. (BNC/ist/git)

Tentang Penulis

Leave A Response