Awas !! Ada Kaderisasi Jaringan NII

Ditulis 29 Mei 2010 - 14:03 oleh Banyumas1

Mayjen Budiman Pangdam IV DiponegoroSolo – Panglima Kodam (Pangdam) IV Diponegoro Mayjen Budiman menyatakan, jaringan kelompok yang hendak mendirikan Negara Islam Indonesia (NII) disinyalir mulai muncul kembali. Meski gerakan NII saat ini belum begitu tampak, namun pihaknya sudah mengendus bahwa jaringan NII terus melakukan kaderisasi secara intensif di beberapa komunitas khususnya di kalangan mahasiswa.

“Beberapa orang yang berhasil ditangkap memang sudah diketahui dan terbukti terlibat aktif dan menjadi penggerak untuk

merekrut serta meyebarkan gerakantersebut,” Kata Pangdam saat melakukan ramah tamah dengan pejabat Kodim 0735 Solo, Kamis (27/5)

Meski gerakan NII belum menampakkan diri secara terbuka, Pangdam meminta agar masyarakat, khususnya kalangan akademisi di lingkungan kampus ikut berperan aktif untuk melakukan pengawasan terhadap mahasiswa. “Kewajiban untuk menjaga keamanan serta ketentraman lingkungan bukan hanya tanggungjawab TNI dan Polri. Melainkan tanggungjawab kita bersama,” pinta Pangdam.

Pangdam belum bersedia menjelaskan secara rinci perbedaan antara gerakan terorisme dengan gerakan yang dikembangkan NII. Hanya saja, Pangdam menegaskan akan tetap melakukan pengawasan terhadap gerakan tersebut. “Kodam IV terus melakukan pemantauan dan pengawasan di masyarakat. Kami berharap masyarakat peka serta proaktif memberikan informasi jika menemukan gejala yang mencurigakan,” kata Pangdam. (BNC/tgr)

Tentang Penulis

Leave A Response