Tekan Angka Kemiskinan, Pemkab Kebumen Kucurkan Rp 55 Milyar

Ditulis 29 Mei 2010 - 13:56 oleh Banyumas1

Kebumen – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kebumen menggulirkan dana Bantuan Langsung Masyarakat (BLM) sebesar Rp 55 milyar untuk penanggulangan kemiskinan.  Bantuan tersebut diberikan kepada masyarakat di 406 desa yang tersebar di 23 kecamatan.

Bupati Kebumen KH M Nashiruddin AM mengatakan, dana bantuan langsung masyarakat bersumber dari APBN sebesar 80% atau sekitar Rp 11 miliyar dan APBD Kebumen sebesar Rp 20 persen atau sekitar Rp 11 miliyar. Bantuan itu untuk menanggulangi kemiskinan melalui program-program Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM).

“Program PNPM diantaranya PNPM mandiri perdesaan, PNPM mandiri perkotaan, PNPM mandiri daerah tertinggal dan khusus, PNPM mandiri infrastruktur perdesaan, dan PNPM mandiri infrastruktur sosial ekonomi wilayah,” kata Nashiruddin, Sabtu (29/6).

Selain PNPM, lanjut Nashiruddin, juga ada program lain yang bertujuan untuk mengurangi kemiskinan dan pengangguran, diantaranya adalah program pengembangan usaha agribisnis perdesaan (PUAP) yang merupakan program pemberdayaan usaha agribisnis bagi petani di perdesaan dalam rangka meningkatkan kualitas hidup, kemandirian dan kesejahteraan. (BNC/tgr)

Tentang Penulis

Leave A Response