Iwan Fals : Bongkar Bento Perusak Lingkungan

Iwan Fals Tampil Bersemangat meski diguyur hujan deras
Iwan Fals Tampil Bersemangat meski diguyur hujan deras

Demak – Penyanyi legendaris Virgiawan Listanto alias Iwan Fals menyuarakan pelestarian lingkungan, pada event Djarum Tress for Life di Kabupaten Demak (Jateng). Pelantun tembang Bongkar dan Oemar Bakri itu mengajak para komunitas penggemarnya yang biasa menyebut ‘OI’ (Orang Indonesia) dan segenap anak negri untuk membumihanguskan para ‘bento’ perambah hutan di Indonesia.

Enam lagu bertema kecintaan lingkungan dan alam didendangkan Iwan dengan gitar akustiknya di bawah hujan lebat yang disertai angin kencang dan petir. Ruh Iwan yang semakin membara bahkan mampu menghipnotis para penggemarnya untuk tetap bertahan dengan antusias hingga program Djarum Bakti Lingkungan itu dilaksanakan di Jalan raya Trengguli Wonosalam Demak hingga purna.

Menurut Iwan Fals, kerusakan hutan sekarang ini sudah di ambang batas dan sudah teramat parah. Karenanya tak heran jika pemilik album ‘Kesimbangan’ dengan lagu andalan Hutanku, Pohon untuk Kehidupan, Tanam Siram Tanam, dan Ayolah Mulai tersebut geram dan menyuarakan jeritan bumi.

“Maka, bento-bento yang merusak hutan kita harus dibumihanguskan. Kita harus bongkar. Namun bukan hanya itu, kita juga harus melakukan aksi-aksi penghijauan seperti menanam pohon trembesi ini. Terlebih karena sesuai hasil penelitian, pohon trembesi memiliki kemampuan daya serap CO2 hingga 28,5 ton setiap tahunnya,” ujar bapak tiga orang anak dari almarhum Galang Rambu Anarki, Anissa Cikal Rambu Basae, dan Rayya Rambu Robbani.

Iwan yang tak gentar bernyanyi dibawah guyuran hujan semakin memperoleh antusias ratusan OI. Kalangan OI yang juga datang dari kabupaten kota sekitar Demak tersebut berjingkrak sembari ikut bernyanyi. Mereka pun menjadi basah kuyup dan blepotan lumpur. “OI harus mencintai lingkungan. Mari sayangi tanaman agar udara dan air kita tidak cepat habis,” ajak Iwan.

Kampanye Djarum Tress for Life itu juga diikuti mantan atlit bulutangkis nasional, Alan Budi Kusuma, Susi Susanti dan Haryanto Arbi.

Menurut perwakilan PT Djarum, FX Supanji, pihaknya telah menanam sebanyak 2.767 pohon trembesi dipanjang turus jalan Semarang-Kudus sejak Januari hingga Mei ini.  “Dukungan dari berbagai elemen masyarakat sangat kami butuhkan demi kelestarian pohon-pohon yang telah ditanam. Kami berharap, warga Demak turut menjaga sekaligus memelihara pohon yang telah kita tanam bersama Gubernur Jateng Bibit Waluyo, Nugie, Luna Maya dan Iwan Fals ini,” katanya. (BNC/tgr)

1 Comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.