Ribuan Umat Budha Rayakan Waisak

Ditulis 28 Mei 2010 - 22:06 oleh Banyumas1

2805turis.tbMagelang – Sekitar 20.000 umat Budha dari berbagai daerah di Indonesia dan dari sejumlah negara, Jum’at (28/05/2010) pagi mengikuti perayaan Tri Suci Waisak 2554 BE/2010 yang digelar di pelataran Candi Borobudur, Magelang (Jateng). Perayaan Waisak kali ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Umat Budha dari Perwakilan Umat Buddha Indonesia (Walubi)  dan Konferensi Agung Sangha Indonesia (KASI) menjadi penyelenggara perayaan secara bersama.

Sementara pada tahun-tahun lalu menjadi penyelenggara secara bergiliran. Meski demikian, masih ada umat Budha dari KASI yang menggelar perayaan Waisak di halaman Candi Mendut, sekitar tiga kilometer dari Borobudur.

Wakil Ketua Vidyaka Sabha Bhante Wong Sing An dalam hikmah perayaan Waisak mengatakan, nafsu keinginan manusia merupakan panas dunia yang lebih dahsyat dari pada hari kiamat. Nafsu keinginan menjadi akhir dari segalanya. Semestinya, umat manusia utamanya umat Budha jauh lebih takut pada nafsu keinginan dari pada bencana hari kiamat yang banyak diramal akan terjadi pada 2010.

“Umat Budha harus mampu mengendalikan diri dari segala keinginan di dunia. Umat manusia juga harus menenangkan diri. Dengan penenangan pikiran diharapkan akan menjadi semangat untuk berbuat kebajikan,” kata Bhante Wong Sing An.

Bhante Wong Sing An meminta kepada umat Budha pada khususnya dan umat manusia pada umumnya untuk terus memperbaiki diri dengan melakukan apa yang belum dilakukan diri sendiri. “Jangan semata-mata meniru hal-hal yang telah dilakukan orang lain,” kata Bhante Wong Sing An.

Sementara itu Ketua Dewan Pimpinan Daerah Walubi Provinsi Jawa Tengah David Hermanjaya mengatakan, perayaan Waisak juga dihadiri tak kurang dari 200 biksu dari berbagai negara seperti Thailand, Taiwan, China, Singapura, Inggris, dan Australia.  Bhiksu dari Thailand, dari jumlah biksu yang sebelumnya direncanakan datang 150 orang, pada hari Waisak,hanya akan datang 30 orang. “Sekitar 120 biksu tidak dapat datang karena kondisi negara yang tengah dilanda kerusuhan politik,” katanya. (BNC/tgr)

Tentang Penulis

1 Komentar so far. Feel free to join this conversation.

  1. abu muntolib 17/05/2011 pukul 17:44 -

    Mari kita jaga keBhinekaan bangsa kita sebagai modal untuk kesejahteraan kita semua,Selamat merayakan Tri suci Waisak

Leave A Response