Ratusan Rumah Tiga Kecamatan di Cilacap Terendam Banjir

Ditulis 26 Mei 2010 - 21:24 oleh Banyumas1
|
Berita Kategori
Tak Berkategori
110
Dalam Tag
Warga mencoba membuat saliran untuk mengurangi genangan air (foto:tia/BNC)

Warga mencoba membuat saliran untuk mengurangi genangan air (foto:tia/BNC)

CILACAP-Akibat hujan deras yang mengguyur selama tiga hari di Kabupaten Cilacap Jawa Tengah mengakibatkan ratusan rumah terendam banjir. banjir yang merendam pemukiman penduduk hingga setinggi 60 sentimeter ini melanda sejumlah desa di tiga kecamatan. Sejumlah warga bahkan hingga Rabu petang memilih mengungsi ke rumah kerabat mereka yang lebih aman.

Tiga kecamatan yang dilanda banjir antara lain Kecamatan Maos, Sampang dan Kroya. Kondisi terparah berada di desa Glempang Kecamatan Maos dan Mujur Kidul Kecamatan Kroya. Di lokasi ini air masuk ke dalam rumah hingga mencapai 60 sentimeter. Untuk mengantisipasi air masuk ke dalam sejumlah warga membendungnya dengan batu

Kondisi Desa Glempang Maos hingga Rabu malam masih mencekam (foto:tia/BNC)

Kondisi Desa Glempang Maos hingga Rabu malam masih mencekam (foto:tia/BNC)

atau tanah liat.

Menurut warga, air yang meluap ke pemukiman akibat sejumlah irigasi yang rusak yan tak mampu menampung luapan air sungai. Akibatnya air kemudian merambah ke pemukiman. “ irigasinya sebelah pemukiman ini rusak, jadi kami yang menjadi korbannya,” ujar Suhadi, warga Desa Glempang.

Kondisi ini juga diperparah dengan tidak adanya saluran pembuangan di lingkungan rumah. Sehingga air tertahan dan menggenangi pemukiman.

Hingga Rabu  petang  hujan masih turun deras sehingga air di pemukiman kembali meninggi. Puluhan kepala keluarga yang khawatir rumahnya terendam, memilih mengungsi ke lokasi yang aman (BNC/tia).

Tentang Penulis

Leave A Response