Sejumlah Menteri Hadiri Pemakaman Ainun

Ditulis 25 Mei 2010 - 11:43 oleh Banyumas1


JAKARTA-Sejumlah menteri Kabinet Indonesia Bersatu II, pejabat lainnya, dan para mantan pejabat negara, hadir di Taman Makam Pahlawan (TMP) Nasional Kalibata, Jakarta, Selasa (25/5), untuk mengikuti prosesi pemakaman Ibu Hasri Ainun Habibie.

Sejumlah menteri yang hadir antara lain Menko Polhukam Djoko Suyanto, Menteri Agama Suryadharma Ali, Menteri Sekretaris Negara Sudi Silalahi, dan Menteri Negara Pemuda dan Olahraga Andi Mallarangeng.

Selain itu tampak juga beberapa anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) antara lain Widodo AS, Jimly Asshiddiqie, dan Ginandjar Kartasasmita, Ketua Mahkamah Konstitusi Mahfud MD, dan Ketua MPR Taufik Kiemas yang datang bersama putrinya, Puan Maharani.

Sejumlah mantan pejabat negara seperti mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla yang datang bersama dengan Ibu Mufidah, mantan Wakil Presiden Hamzah Haz, dan istri Presiden keempat Aburrahman Wahid, Sinta Nuriyah, juga hadir di tempat pemakaman.

Terlihat juga berbagai tokoh seperti wartawan senior Rosihan Anwar, Ketua PP Muhammadyah Din Syamsuddin, dan Quraish Shihab.

Jenazah Ibu Ainun yang tiba di Bandara Halim Perdanakusuma pada pukul 04.50 WIB, akan diberangkatkan dari rumah duka di kawasan Patra Kuningan, Jakarta Selatan.

Ibu Hasri Ainun Habibie akan dimakamkan di Blok F, Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta Selatan, Selasa, pada pukul 11.00 WIB.

Liang lahat untuk istri Presiden ketiga Republik Indonesia BJ Habibie itu telah disiapkan di bawah naungan tenda berwarna putih.

Makam untuk Ibu Ainun Habibie terletak di depan makam Abdul Haris Nasution dan istrinya, Juhana Suwardi Nasution, dan sejajar dengan mantan Menteri Luar Negeri yang juga anggota Dewan Pertimbangan Presiden Ali Alatas, mantan Panglima TNI Edi Sudrajat, mantan KSAU Saleh Basareh, serta mantan Ketua Dewan Pertimbangan Agung (DPA) AA Baramuli.

Sebelum jenazah tiba, pemakaman sudah dipenuhi ratusan orang yang ingin menyaksikan prosesi pemakaman yang akan dilangsungkan secara militer dengan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono bertindak sebagai Inspektur Upacara.

Dari pintu masuk TMP Kalibata ke lokasi pemakaman telah disiapkan hamparan karpet merah yang nantinya akan dilalui oleh rombongan pembawa jenazah Ibu Ainun.

Hasri Ainun Habibie meninggal di usia 72, di Rumah Sakit Ludwig Maximilians-Universitat, Klinikum Gro`hadem, Muenchen, Jerman pada Sabtu pukul 17.30 waktu setempat(ant/BNC)

Tentang Penulis

Leave A Response