Janji PLN: byar pet hilang mulai 30 Juni

Ditulis 22 Mei 2010 - 16:15 oleh Banyumas1

logo plnMungkin kejadian yang dialami keluarga besar SMP Negeri 1 Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah tidak akan terulang setelah 30 Juni 2010. Sabtu,( 22/05) saat menggelar acara pelepasan siswa-siswi kelas IX yang akan segera meninggalkan bangku SMP, tiba-tiba lampu mati. Sound system tidak berbunyi. Tentu sangat terganggu, terlebih dalam acara tahunan yang penting dan monumental bagi pelajar yang segera meninggalkan bangku SMP.

Per akhir Juni 2010, PT PLN (Persero) mentargetkan menuntaskan masalah pemadaman listrik secara bergilir (byar pet). Komitmen ini juga sejalan akan naiknya tarif dasar listrik (TDL) pada Juli 2010 nanti.

“PLN sudah konsisten hilangkan byar pet pada 30 Juni,” tegas Menko Perekonomian, Hatta Rajasa saat bincang dengan wartawan di Kantornya, Jalan Lapangan Banteng, Jakarta, Jumat (21/5/2010).

Untuk mencapai target tersebut, lanjut Hatta, kenaikan TDL merupakan hal yang tidak bisa dihindari. Pasalnya PLNĀ  kemungkinan mengalami kekurangan suplai untuk penyiapan daya listrik.

“Semula di APBN TDL naik 15%, di APBN-P turun menjadi 10%,” katanya.

Selain itu Hatta menyatakan pemerintah sedang mempersiapkan enam skenario mengenai kenaikan TDL yang saat ini masih dibahas oleh PT PLN dan Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM).

“TDL saya tidak akan masuk dalam 6 skenario itu karena dibahas pada level ESDM dan PLN,” jelasnya.

Menurut Hatta, pihaknya hanya mengingatkan agar pemilihan skenario kenaikan TDL benar-benar dipertimbangkan secara masak dan menghasilkan keputusan pelanggan mana saja yang harus dikenakan kenaikan harga TDL.

“Enam skenario dan itu harus dikembangkan sebaik mungkin. Intinya menjaga APBN dan subsidi tidak membengkak, pertahankan defisit pada 2,4% dan harus dianalisis betul dari keputusan itu mana saja yang perlu dinaikkan,” ujarnya.

Kita tunggu janji PLN. (BNC/puh/dtc)

Tentang Penulis

Leave A Response