Gesang diusulkan jadi pahlawan nasional

Ditulis 22 Mei 2010 - 15:31 oleh Banyumas1

SOLO – Gesang Marto Hartono, atau yang dikenal dengan nama Gesang saja, sang maestro keroncong yang meninggal Kamis (20/05) dan dimakamkan Jum’at (21/05) diusulkan untuk menjadi pahlawan nasional. Tentu saja hal ini terkait dengan besarnya jasa dan kiprahnya dalam mengembangkan seni budaya, khususnya lagu keroncong.

Diberitakan, Pemerintah Kota Surakarta akan secepatnya mengusulkan penetapan maestro keroncong Gesang Marto Hartono sebagai pahlawan nasional. Demikian dikatakan Wakil Wali Kota FX Hadi Rudyatmo ketika mendampingi Menko Kestra Agung Laksono, yang melayat Gesang di rumahnya Kemlayan Solo.

“Pak Agung Laksono ketika melayat Gesang di rumahnya di Kemlayan Solo, Jumat (21/05) telah menyarankan beberapa hal untuk memberikan penghormatan kepada Gesang atas jasa-jasanya yang sangat besar bagi bangsa dan negara,” kata FX Hadi Rudyatmo.

Selain akan mengusulkan gelar pahlawan nasional, Pemkot juga akan memugar tempat tinggal Gesang untuk dijadikan Museum Keroncong Nasional.

“Kami akan secepatnya membicarakan masalah tersebut dengan pihak keluarga untuk membangun Museum Keroncong Nasional di bekas rumah tinggal Gesang di Kampung Kemlayan, Solo,” katanya.

Pemerintah Kota Surakarta juga akan melakukan pemugaran Sanggar Gesang yang berada di Taman satwa Taru Jurug yang sekarang kondisinya memprihatinkan. Sanggar tersebut dibangun oleh penggemar Gesang yang bearsal dari Jepang.

Wujud lain penghargaan Gesang, namanya akan diabadikan di suatu jalan di Solo. Maestro keroncong Gesang dalam semasa hidupnya juga banyak mendapat penghargaan baik dari pemerintah maupun organisasi swasta dan tanda penghargaan tertinggi yaitu tanda jasa Bintang Parma Dharma, yang diberikan oleh masa Pemerintahan Presiden Soeharto tahun 1992.

Gesang dimakamkan di pemakaman umum Pracimaloyo, Makamhaji, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah, Jumat pukul 14.00 WIB dengan upacara militer dengan Irup Wali Kota Surakarta Joko Widodo. Jenazah diberangkatkan dari Balai Kota Solo. Berdasarkan pengamatan Banyumasnews.com banyak warga masyarakat Solo yang ingin menyaksikan pelepasan jenazah Gesang, terlihat dari keberadaan mereka di jalan-jalan yang dilalui iring-iringan jenazah. Spanduk besar bertuliskan “Selamat Jalan Sang Maestro” terpampang di halaman Balai Kota. (BNC/puh/ant)

Gesang (www.indonesiaberprestasi.web.id)

Tentang Penulis

Leave A Response