Fakultas Kedokteran UMP Berlokasi Di Purbalingga

Ditulis 21 Mei 2010 - 20:41 oleh Banyumas1

PURBALINGGA – Selain Fakultas Teknik UNSOED, Purbalingga kembali dipilih sebagai lokasi pendidikan tinggi. Kali ini Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) menaruh minat membangun fakultas Kedokteran di kompleks RSUD Purbalingga.

“SDM, Perlengkapan, sistem, kurikulum semua sudah siap. Sehingga tahun ajaran ini Insya Allah kami sudah siap menerima mahasiswa baru untuk Fakultas Kedokteran,” ujar Rektor UMP Dr. H. Syamsulhadi Irsyad, M.H, usai audiensi dengan Bupati Purbalingga Drs. Triyono Budi Sasongko, M.Si  kemarin.

Syamsulhadi menengaskan, saat ini pihaknya dalam upaya memperoleh visitasi dari Konsil Kedokteran Indonesia (KKI). Visitasi merupakan kunjungan ke perguruan tinggi/ sekolah yang dilakukan oleh asesor untuk melakukan klarifikasi, verifikasi, dan validasi data serta informasi yang telah disampaikan oleh perguruan tinggi/ sekolah melalui pengisian instrumen akreditasi.

”Kami kesini untuk minta Pak Bupati menemani kami minta visitasi ke Ketua KKI yang kebetulan dari UGM Sabtu, 22 Mei besok. Sayangnya, Pak Bupati ke Bukittinggi, jadi nanti kami ditemani Direktur RSUD Purbalingga, Asisten Perekonomian dan Pembangunan serta Kepala Bappeda,” imbuhnya.

Direktur RSUD Purbalingga dr. Nonot Mulyono, M.Kes mengatakan pihaknya bertugas menyediakan lahan praktek, tenaga pengajar dan teknis lainnya. Dengan dijadikannya RSUD Purbalingga sebagai ’kampus kedua’ Fakultas Kedokteran menempatkan RSUD Purbalingga sebagai sebenar-benarnya Rumah Sakit Pendidikan.

”RSUD Purbalingga menjadi rumah sakit pendidikan utama bagi UMP. Kalau selama ini, fakultas kedokteran dari universitas lainnya memanfaatkan RSUD Purbalingga hanya setelah para calon dokter itu menuntaskan masa menjadi co ass. Tapi untuk UMP, mulai mereka melakukan praktikum sejak masih masa perkuliahan untuk meraih sarjana kedokterannya sudah di RSUD Purbalingga,” jelasnya (BNC/tgr).

Multiplier Effect

Pemkab Purbalingga menyambut antusias keinginan UMP menempatkan Fakultas Kedokteran di kompleks RSUD Purbalingga. Seperti juga Fakultas Teknik UNSOED, diharapkan keberadaan Fakultas Kedokteran UMP ini juga memberikan multiplier effect bagi masyarakat di sekitarnya.

”Dengan adanya fakultas kedokteran ini, nanti kan muncul kos-kosan, warung-warung makan, dan pelayanan jasa lainnya, yang berarti ekonomi kerakyatan semakin bertumbuh kembang. Inilah yang menjadi pemikiran bupati kita dengan adanya industri dan perguruan tinggi di Purbalingga,” tutur Asisten Perekonomian dan Pembangunan Kodadiyanto, SH,MM.

Koda mengatatakan Pemkab Purbalingga memang tidak bisa memberikan fasilitas yang sama antara Fakultas Teknik UNSOED dan Fakultas Kedokteran UMP dalam hal lokasi. Jika UNSOED karena sama-sama berasal dari pemerintah, Pemkab Purbalingga dengan mudah menghibahkan tanah untuk dibangun kampus.

”Kalau UMP itu kan yayasan, swasta. Dalam aturan Pemkab memang tidak diperbolehkan menghibahkan sejumlah tanah untuk swasta. Yang bisa dilakukan Pemkab hanya mempermudah lobi dengan masyarakat pemilik tanah, agar proses tukar guling lebih lancar,” imbuhnya. Kemungkinan besar, Fakultas Kedokteran UMP ini akan berlokasi di belakang RSUD Purbalingga yang memang masih cukup luas. Sementara bangunan belum berdiri, proses perkuliahan masih bertempat di UMP Dukuhwaluh, Purwokerto. (cie)

Tentang Penulis

1 Komentar so far. Feel free to join this conversation.

  1. sony 10/07/2013 pukul 06:06 -

    tahun ajaran 2013/2014 fakultas kedokteran ump di buka?
    biaya masuknya kira2 brapa ya?
    mohon di balas!

Leave A Response