Dibuka Diklat Pengembangan Organisasi dan Managemen Bagi Pejabat Eselon II

Ditulis 21 Mei 2010 - 20:39 oleh Banyumas1

BANJARNEGARA– Sebanyak 22 orang pejabat eselon II di jajaran pemerintah Kabupaten Banjarnegara mulai hari Selasa (18/05) sampai hari Kamis (20/05) mendatang mengikuti Diklat Pengembangan Organisasi dan Manajemen SDM yang diselenggarakan oleh Pemkab bekerja sama dengan Suistanable Capacity Building for Decentralisation Project (SCBD) bertempat di Aula Diklat Sport Center Bank Surya Yudha.

Mengingat pentingnya tujuan dari kegiatan ini, Sekretaris Daerah Syamsudin, S. Pd., M. Pd. mewakili Bupati dalam sambutannya mengharapkan kepada semua peserta untuk ikut aktif mengikuti seluruh session acara.

Lebih lanjut Syamsudin menyatakan, untuk memberikan landasan yang kuat bagi desentralisasi kepegawaian diperlukan adanya pengaturan kebijakan manajemen pegawai yang berkenaan dengan norma standar prosedur  yang sama secara nasional, sehingga peningkatan kualitas dan kompetensi kerja para Aparat Pemerintah menjadi suatu hal penting untuk diperhatikan. “Peningkatan kapasitas ini penting mengingat kemampuan manajemen dan organisasi yang dimiliki seorang pemimpin menentukan keberhasilan pelaksanaan tugas-tugas di bidangnya” katanya.

Ia mengingatkan, Pendapatan Asli Daerah Kabupaten Banjarnegara sekarang ini mencapai 60 Milyar. Dengan potensi kekayaan alam yang dimiliki jumlah itu akan dapat diperbesar lagi manakala pengelolaan organisasi dan manajemen manusia dapat diselenggarakan dengan lebih baik lagi.

Oleh karena itu Syamsudin berharap kepada semua peserta usai mengikuti kegiatan ini bertambah pengetahuannya dalam hal pemahaman proses pengambilan keputusan stratejik dalam penataan organisasi perangkat daerah yang mengarah kepada pembentukan paradigma baru manajemen pemerintahan.

“Saya juga berharap kegiatan ini menghasilkan suatu upaya peningkatan  pengelolaan manajemen SDM untuk meningkatkan efisiensi, efektivitas dan daerajat profesionalisme penyelenggaraan tugas, fungsi dan kewajiban pegawai” imbuhnya.

Terpisah, Office Manager Project SCBD, Fahrurozi, SE mengatakan bahwa harapan dari semua kegiatan diklat dan pelatihan yang diselenggarakan bekerja sama antara Pemkab dengan SCBD ini adalah menghasilkan peningkatan kapasitas aparatur pemerintahan daerah hingga mampu menyelenggarakan desentralisasi pemerintahan dengan lebih baik. “Upaya peningkatan kapasitas tersebut mencakup 3 hal yaitu sistem, kelembagaan dan SDM” urainya.

Diklat yang diselenggarakan kali ini, lanjutnya, berupa dilklat peningkatan kapasitas dalam hal manajemen dan kelembagaan. Sasarannya adalah 22 pejabat eselon II yang sekarang tengah dilaksanakan, 50 pejabat eselon III, dan 80 pejabat Eselon IV. Prinsipnya, karena orientasi kegiatan ini adalah suistanable yang artinya berkelanjutan, tentunya usai kegiatan ini selesai kami harapkan upaya peningkatan kapasitas ini juga terus berlanjut. “Bukan justru sebaliknya, begitu kegiatan ini selesai, selesai juga semua upaya peningkatan kapasitas tersebut” katanya. (BNC/eko)

Tentang Penulis

Leave A Response