Heru – Kento Dilantik Jadi Bupati-Wabup Purbalingga

Ditulis 09 Mei 2010 - 19:23 oleh Banyumas1

pelantikan jadi



PURBALINGGA – Gubernur Jawa Tengah Bibit Waluyo mengaku tidak meragukan kemampuan Heru Sudjatmoko dalam menggantikan posisi Triyono Budi Sasongko sebagai Bupati Purbalingga mulai 2010 hingga lima tahun ke depan. Heru sebagai incumbent tentunya telah belajar banyak dengan sosok Triyono selama lima tahun mendampinginya sebagai wakil bupati.

“Saya yakin Pak Heru bisa memimpin lebih baik dan harus lebih inovatif. Tinggal melanjutkan saja dengan inovasi dan kreativitas-kreativitas lain,” ujar Gubernur di sela-sela sambutannya pada Upacara Pengucapan Sumpah Jabatan dan Pelantikan Bupati Heru Sudjatmoko dan Wakil Bupati Purbalingga Sukento Ridho Marhanendrianto Masa Jabatan 2010-2015, Selasa (27/7).

Menurut Gubernur, masyarakat Purbalingga sudah sangat tepat memilih Heru sebagai Bupati karena kemampuan dan pengetahuannya tentang birokrasi sudah mumpuni. Gubernur seringkali mengaku prihatin ketika di sebuah kabupaten/ kota terpilih bupati/ walikota yang tidak paham sama sekali tentang pemerintahan.

“Kondisi di Purbalingga saya sangat salut dengan Pak Tri karena berhasil mengkader penggantinya sebaik-baiknya. Inilah seorang pemimpin yang sebenarnya. Tidak hanya memikirkan dirinya sendiri, dan kepemimpinan di masanya saja. Saya salut, dan ini patut dicontoh kabupaten/ kota lainnya,” imbuh Gubernur.

Prestasi Menonjol Purbalingga

Gubernur hanya mengingatkan, ada dua hal penting dan strategis di Kabupaten Purbalingga yang perlu dipertahankan prestasinya, yaitu masalah pengelolaan tenaga kerja dan penanganan Keluarga Berencana (KB). Kata dia, dua sektor ini harus menjadi perhatian khusus karena apabila pertumbuhan penduduk tidak dapat dikendalikan dan peluang kerja kurang, pengangguran akan bertambah, kerawanan social dan kemiskinan juga akan meningkat.

Purbalingga, kata dia, penanganan KB menunjukkan hasil yang baik. Tahun 2010, KB aktif sebanyak 146.512 orang atau 79,58% dari jumlah Pasangan Usia Subur (PUS). Peserta KB Baru 12.482 orang atau 50,56%. Bahkan belum lama ini, Purbalingga menyempurnakan prestasi dalam Program KB dengan perolehan Penghargaan Rekor MURI di bidnag pelayanan Modus Operasi Wanita (MOW) mencapai 404 akseptor. /BNC/tgr/py/cie)

Tentang Penulis

Leave A Response