SMA Klampok Gelar Festival Tembang Nasional

Ditulis 05 Mei 2010 - 20:10 oleh Banyumas1

BANJARNEGARA – Dalam rangka launching Paket Aplikasi Sekolah (PAS) yang bertepatan dengan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) SMA Purworejo Klampok menyelenggarakan Festival Tembang Nasional (Festemnas) bagi siswa Sekolah Dasar/MI dan SMP/MTs tingkat wilayah Distrik Purwareja Klampok, bertempat di aula sekolah Senin (03/05). “Tujuan diselenggarakanya lomba ini diantaranya adalah untuk meningkatkan rasa kebangsaan dan cinta tanah air” kata Bandu Suharjono, S. Pd., ketua Panitia Pelaksana.

Kegiatan Festemnas diikuti oleh 31 siswa SD dan 32 siswa SMP. Setiap peserta wajib membawakan satu buah lagu wajib dan satu lagu pilihan. Lagu wajib bagi peserta adalah lagu Belaian Sayang ciptaan Bing Slamet. Lagu pilihan terdiri dari lagu Lenggang Padi, Serumpun Padi, Irama Desa, Pantai Sepi, Melati Suci, dan Malam Indah. “Kriteria penilaian didasarkan pada Materi Suara, Teknik Vocal, dan Penampilan” katanya.

Babak penyisihan dilaksanakan pada tanggal 26-27 April lalu. Penilaian untuk babak penyisihan dan final dilakukan oleh dewan juri. Kejuaraan diambil juara I, II, III, Harapan I, II, dan Juara Favorit. “Khusus untuk juara favorit dilaksanakan dengan polling SMS yang dimulai dari babak penyisihan sampai babak final” urainya.

Keluar sebagai juara untuk kelompok SD putri adalah juara 1 Maulida Dyah dari SDN 1 Mandiraja Wetan, juara 2 Tasya Novanti SD Kristen Klampok, juara 3 Rina Susanti dari SDN Parakan, Harapan 1 Sekar Sagita Dwi SD N 4 Purwonegoro, dan Harapan 2 Sesiarita Helsi dari SD Kristen Klampok.

Untuk kelompok SD putra juara 1 Yulian Lujeng dari SDN  2 Susukan, juara 2 Paul Christian dari SD Kristen Klampok, juara 3 Yudistira Agung dari SD Kristen Klampok, Harapan 1 Agung Rahayu dari SDN 1 Kaliwinasuh, dan Harapan 2 Krisnamukti dari SD N kalilandak.

Tingkat SMP putri juara 1 Dhea Margiany dari SMPN 1 Mandiraja, juara 2 Titin Rahayu SMPN Purworejo Klampok, juara 3 Aldila Titis dari MTs Riyadus Sholihin Klampok, Harapan 1 Bakhtiar Esa SMPN 1 Susukan dan Harapan 2 Indriani dari SMPN 2 Susukan. Sedangkan untuk kategori putra juara 1 Bimas Setiono dari SMPN 1 Purworejo Klampok, juara 2 Adi Wicaksono dari SMPN 1 Mandiraja, juara 3 Panji Wisnu dari SMPN 1 Mandiraja, Harapan 1 Krisyangga dari SMPN 1 Purworejo Klampok dan Harapan 2 Agung Priyo dari SMPN 1 Susukan.

”juara favorit dari hasil SMS yang masuk untuk tingkat SD terpilih Yudhistira Agung Sedayu dari SD Kristen Klampok dan Krisyarangga Agung Pribadi dari SMP N 1 Purworejo Klampok untuk tingkat SMP” pungkasnya.

Menurut Arif Saefudin, S. Pd., Guru Seni dari SMP N 1 Susukan kegiatan Festemnas ini sangat baik untuk anak didik ketika di jaman sekarang ini tembang-tembang nasional sudah tidak akrab lagi didendangkan oleh anak-anak. ”Anak-anak lebih familiar bahkan hapal betul dengan lagu-lagu pop dibanding tembang-tembang nasional yang bahkan dirasa asing di telinga mereka” katanya.

Padahal, kata Arif, muatan tembang-tembang nasional ini banyak berisikan tembang-tembang cinta tanah air dan cinta bangsa. Ini sangat baik dalam pembinaan semangat kebangsaan. Apalagi bila siswa mampu menghayati dan menikmati lagunya. ”Oleh karena itu Saya berharap festival tembang kenangan ini untuk rutin diselenggarakan dan kalau bisa diselenggarakan juga ditingkat kabupaten” ujarnya.

Sementara itu, Yulian, salah seorang peserta Siswa Kelas V SD Negeri 2 Susukan. Dengan malu-malu Ia mengakui kalau lebih kenal dan lebih banyak hapal lagu-lagu penyanyi pop di era sekarang dibanding tembang-tembang nasional. ”Saya merasa beruntung dengan adanya fetemnas ini karena jadi hapal beberapa tembang nasional” katanya. (BNC/eko)

Tentang Penulis

Leave A Response