SMA N 1 Purworejo Klampok Luncurkan SMS Gateway

Ditulis 03 Mei 2010 - 19:20 oleh Banyumas1

BANJARNEGARA – “Siswa nomor induk 6xxx terakhir tidak hadir tanggal 17 April (sakit)” begitu jawaban SMS gateway yang diterima oleh salah seorang wali murid ketika ingin memperoleh informasi kehadiran anaknya yang bersekolah di SMAN 1 Purworejo Klampok. SMS Gateway yang bertujuan untuk memperpendek jarak antara sekolah dengan wali murid tersebut diluncurkan Senin (03/05) di aula sekolah sekaligus menandai diluncurkannya program Paket Aplikasi Sekolah sebagai bagian dari program Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional dan launching ISO 9001:2008.

Menurut Drs. Ibnu Ashar, MM Kepala Sekolah SMA N 1 Purworejo Klampok, orang tua wali yang ingin memperoleh data tentang perkembangan sekolah anaknya dapat dengan mudah mengaksesnya hanya dengan bermodalkan handphone. Tidak perlu repot-repot pergi ke sekolah dan layanan informasi ini tersedia selama 24 jam. Untuk jasa layanan ini, setiap SMS akan dikenai biaya Rp 550/SMS.

“Caranya mudah tinggal ketik sma spasi smansaklampok spasi kata kunci informasi yang diinginkan, misal hadir, spasi kemudian diikuti nomor induk siswa kirim ke nomor 9336. Tunggu kurang lebih 0,5 – 1 menit jawaban akan segera diterima” urainya.

Peluncuran SMS Gatewaya ini, lanjutnya, merupakan bagian dari Program Paket Aplikasi Sekolah. Melalui program tersebut, hampir semua informasi tentang kondisi sekolah dan perkembangan murid dapat diperoleh. Informasi tersebut diantaranya adalah nilai siswa untuk nomor dan mata pelajaran terkait, nama wali kelas berikut nomor telepon, status penerimaan satu calon siswa baru, nilai UN minimal dari calon siswa baru, passing grade penerimaan siswa baru, rekapituasli ketidakhadiran siswa dalam 1 bulan, dan seterusnya.

“Harapan kami dengan peluncuran Paket Aplikasi Sekolah ini akan meningkatkan mutu pelayanan kepada warga sekolah dan meningkatkan mutu pendidikan yang berwawasan global” imbuhnya.

Peluncuran PAS dan ISO 9001:2008 ini ditandai deklarasi dan penandatanganan PAS serta pemukulan gong oleh Sekda Syamsudin, S. Pd., M. Pd. Ia menyatakan bahwa penerapan tekhnologi baru dan manajemen berstandar nasional ini arahnya adalah kepada perubahan perilaku. Berkaitan dengan perubahan perilaku ini biasanya membutuhkan waktu yang tidak singkat dan gampang. ”Karena itu, saya berharap kepada para pengelola untuk terus konsisten dan fokus pada tujuan serta sasaran program” katanya. (BNC/eko)

Tentang Penulis

Leave A Response