Cegah perjokian, pendaftaran SNMPTN dilakukan online

Ditulis 30 Apr 2010 - 06:40 oleh Banyumas1

Panitia Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) mulai tahun 2010 ini menerapkan mekanisme pendaftaran calon peserta ujian melalui sistem “online”.

Ketua Umum SNMPTN Prof. Dr. Herry Suhardiyanto, MSc kepada wartawan di Surabaya, Kamis malam (29/04), mengatakan untuk mendukung pelaksanaan sistem baru ini, pihaknya sudah menjalin kerja sama dengan PT Telkom sebagai penunjang sarana informasi teknologi dan Bank Mandiri selaku penerima pembayaran pendaftaran.

“Calon peserta dapat membayar biaya pendaftaran melalui ATM, mobile banking atau datang langsung ke Bank Mandiri yang tersebar di seluruh Indonesia untuk mendapatkan nomor pin,” katanya di sela-sela rapat koordinasi dengan jajaran Bank Mandiri dan Telkom.

Nomor pin yang diperoleh calon peserta, selanjutnya digunakan untuk melakukan pendaftaran melalui website yang sudah disediakan panitia SNMPTN.

Menurut Herry Suhardiyanto, mekanisme baru ini bertujuan memudahkan calon peserta SNMPTN dari seluruh Indonesia untuk melakukan pendaftaran, tanpa harus repot-repot datang ke lokasi PTN, seperti yang diterapkan pada pelaksanaan dua tahun terakhir.

Cara online seperti ini diyakini juga bisa mencegah upaya perjokian yang sering muncul pada setiap pelaksanaan ujian masuk PTN.

Pendaftaran calon peserta SNMPTN dimulai pada 2 Mei hingga 31 Mei 2010 untuk siswa SMA/SMK lulusan 2008, 2009 dan 2010. Sedangkan ujian dilaksanakan serentak pada 16-17 Juni mendatang.

Sementara untuk siswa SMA/SMK yang tidak lulus pada ujian nasional tahun ini dan masih akan mengikuti UN ulangan, panitia SNMPTN masih memberi kesempatan untuk mendaftar pada 10-12 Juni 2010.

“Tapi syaratnya siswa tersebut harus lulus UN ulangan. Biaya pendaftaran Rp150 ribu untuk satu pilihan IPA atau IPS dan Rp175 ribu untuk pilihan IPC (IPA dan IPS),” kata Rektor Institut Pertanian Bogor (IPB) tersebut.

Ia memperkirakan jumlah peserta SNMPTN tahun ini sekitar 440 ribu orang atau meningkat 10 persen dibanding tahun 2009. Sementara daya tampung dari 57 PTN yang tergabung dalam SNMPTN tahun ini sebanyak 82.902 kursi. (BNC/ant/ist)

Tentang Penulis

Leave A Response