Warga Gumelar mulai kesulitan air bersih

Ditulis 25 Jul 2009 - 08:52 oleh Sista BNC

Kecamatan Gumelar Banyumas merupakan salah satu wilayah yang rawan kekeringan. Bahkan pada musim kemarau tahun lalu, sebagian besar sungai daerah ini kering kerontang. Akibatnya warga kesulitan mendapatkan air bersih.
Desa yang paling parah mengalami kekeringan adalah Desa Samudra. Di wilayah ini, ratusan sumur sudah tidak mengeluarkan air. Bahkan saluran sungai sudah tidak airnya sama sekali. Untuk mendapatkan air, mereka terpaksa membuat sumur umur kecil di sungai.
“Kami sekarang sudah bersiap untuk membuat sumur sumur di sepanjang sungai. Karena sudah tidak mungkin lagi sumur di rumah mengeluarkan air,” ujar Kartaja (42) warga setempat.
Kepala Desa Samudra, Sutaryo, yang dihubungai banyumasnews.com, Sabtu (25/07) menuturkan, sekarang saja sudah banyak warga yang mengambil air untuk kebutuhan mandi cuci dan minum di sungai. “Padahal air di sungai tersebut kurang sehat, tapi bagaimana lagi, karena hanya dari tempat itu warga bisa mendapatkan air,” ujar Kades.
Untuk menghadapi situasi seperti ini, Sutaryo mengatakan akan meminta pemerintah mengirimkan air bersih bagi warga. Dari lima dusun yang ada di desa ini atau sekitar seribu kepala keluarga, setidaknya dibutuhkan dua tangki air bersih setiap sepekan. (banyumasnews.com/n-1)

Tentang Penulis

Leave A Response