Di Kebumen, 2 SMK tingkat kelulusan 0 %

KEBUMEN – Dari Kebumen,Jawa Tengah,  dilaporkan ada dua SMK dengan tingkat kelulusan 0 % alias 100 % tidak lulus, yaitu SMK Purnama 1 Gombong dan SMK Tamtama 1 Kebumen.  Namun jumlah peserta dari dua SMK tersebut tidak banyak, yaitu di SMK Purnama Gombong hanya 2 siswa yang ikut UN, sedangkan di SMK Tamtama 1 Kebumen ada 14 orang siswa yang ikut UN. Dengan demikian secara keseluruhan tingkat

kelulusan siswa SMK negeri dan swasta di Kabupaten Kebumen cukup bagus, yaotu mencapai 95,35 persen.

Menurut Kabid Pendidikan SLTP, SMU dan SMK Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dikpora) Kabupaten Kebumen, Drs HM Priyono, di ruang kerjanya, Senin (26/04) kondisi yang cukup memprihatinkan terjadi di SMK Sarbini Kebumen, dimana dari 13 siswa peserta UN, hanya ada 1 siswa yang lulus.
Untuk kelulusan di SMA negeri, umumnya berhasil dengan baik. Untuk jurusan IPA hanya 4 sekolah yang siswanya lulus semua, yakni SMA Negeri 1 Karanganyar, SMA Negeri 1 Kebumen, SMA Negeri 2 Kebumen, dan SMA Negeri 1 Prembun, sementara untuk jurusan IPS, hanya terjadi di SMA Negeri 1 Kebumen dan SMA Negeri 1 Prembun.

Namun demikian, hasil UN menunjukkan mutu pendidikan yang belum merata di semua kecamatan yang ada. Hal ini misalnya ditunjukkan dengan ketidaklulusan terbanyak di SMA Negeri 1 Mirit karena dari 42 siswa jurusan IPA yang ikut UN, hanya 9 siswa yang lulus. Dan dari 44 siswa jurusan IPS yang ikut UN, hanya 28 siswa yang lulus.

Hasil bagus diraih dua sekolah MAN. Pada tingkat MA negeri, siswa jurusan IPA dan IPS yang lulus semua hanya terjadi di MAN Negeri Gombong dan MAN Kebumen 1.

Dikatakan Priyono, persentase kelulusan siswa SMA/MA/SMK di Kabupaten Kebumen cukup baik. Untuk SMA/MA jurusan IPA mencapai 92,28 persen dengan 130 siswa tidak lulus. SMA/MA jurusan IPS mencapai 92,10 persen dengan 215 siswa tidak lulus. Sedangkan SMK mencapai 95,35 persen dengan 402 siswa tidak lulus. Untuk jurusan bahasa semuanya lulus UN, dimana jurusan ini hanya ada di SMA Negeri 1 Prembun dengan 19 siswa dan di MAN Kebumen 1 dengan 39 siswa. (BNC/ist/rin)

1 Comment

  1. saya sbg org mirit ikut prihatin dg apa yg terjadi di sma n mirit tp itu mgkn jg ada kendala yg sgt byk krn fasilitas dan pelayanan berbeda dg sma negeri yang berada di kota.mhn di perhatikan lagi.mksh

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.