Tlatah Banyumas berpeluang diguyur hujan lebat hingga akhir April

Ditulis 24 Apr 2010 - 06:12 oleh Banyumas1
Ilustrasi

Ilustrasi

CILACAP – Sedia payung sebelum hujan, waspada dan hati-hati dengan cuaca yang diprakirakan terjadi di wilayah Banyumas dan sekitarnya. Menurut prakiraan Stasiun Meteorologi Cilacap, hujan lebat disertai petir masih berpeluang terjadi di wilayah Jawa Tengah hingga akhir April mendatang.

“Peluang hujan lebat diprakirakan terjadi di wilayah tengah Jawa Tengah, terutama di daerah pegunungan, seperti Cilacap bagian utara, Banyumas, Purbalingga, dan Banjarnegara,” kata Analis Cuaca Stasiun Meteorologi Cilacap Mas Pudjiono di Cilacap, Jumat (23/04).

Disinggung mengenai banjir bandang di Kecamatan Wanareja (Kabupaten Cilacap) dan tanah longsor di Kecamatan Ajibarang (Kabupaten Banyumas) pada Kamis malam (22/4), dia mengatakan, curah hujan yang terjadi di wilayah tersebut cukup tinggi.

Berdasarkan pengukuran di Karangpucung (Kabupaten Cilacap), kata dia, curah hujan yang terjadi pada Kamis (22/04) mencapai 45 milimeter per hari.

“Curah hujan sebesar 45 milimeter per hari dapat dikategorikan hujan lebat dan kondisi ini diprakirakan masih bakal terjadi selama musim pancaroba atau peralihan dari musim hujan ke kemarau,” katanya.

Terkait kondisi tersebut, dia mengatakan, warga yang tinggal di daerah rawan banjir dan tanah longsor diimbau untuk meningkatkan kewaspadaannya terhadap kemungkinan bencana tersebut datang di saat hujan lebat.

Sementara mengenai prakiraan cuaca pada hari ini (Sabtu 24/04), secara umum wilayah Jateng dan Daerah Istimewa Yogyakarta diprakirakan dalam kondisi berawan sebagian hingga berawan banyak dan berpeluang terjadi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang, kadang disertai petir antara sore hingga pagi hari.

“Perairan selatan Jateng dan DIY diprakirakan berawan sebagian hingga berawan banyak dan berpeluang terjadi hujan ringan hingga sedang antara malam hingga pagi hari,” katanya. (BNC/ant/ist)

Tentang Penulis

Leave A Response