UMP Bertekad Menjadi World Class University, Apa Saja yang Dilakukan?

BanyumasNews.com, PURWOKERTO- Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP), Jawa Tengah,  bertekad terus meningkatkan kualitas pendidikan yang mumpuni di Asia maupun tingkat dunia. Apa saja yang dilakukan untuk menuju world class university itu?

Rektor UMP Dr. H. Syamsuhadi Irsyad, SH, MH, dalam laporan Rektor Milad ke 53 UMP bertajuk ‘Menuju Perguruan Tinggi Unggul dan Modren’ mengungkapkan, pada bidang akademik mahasiswa yang terdaftar (student body) UMP sampai saat ini tercatat 13.310 mahasiswa.

Kualitas lulusan pada tahun 2017-2018, Indeks Prestasi lulusan di atas 3,0 sebesar 83,6%, dan rata-rata indeks prestasi lulusan per Oktober 2017 sebesar 3.36. Sampai dengan Februari 2018, UMP telah meluluskan 30.278 orang.

Ia mengatakan, sampai tahun akademik 2017 – 2018, program studi yang terakreditasi sebanyak 32 program studi. “Alhamdulilah di tahun 2018 ini, dari 32 program studi UMP telah memiliki 27 program studi terakreditasi B sedangkan yang telah akreditasi A sejumlah 3 program studi,” kata dia dalam sidang senat terbuka Milad UMP ke-53 di Ruang A.K Anshori, Kamis (7/6/2018) sore lalu.

Menurutnya hal tersebut merupakan catatan emas dibidang akademik. Ia berharap ke depan semua prodi di UMP Terakreditasi A. “Ini merupakan sebuah resolusi di tahun 2019 UMP mendapatkan Akreditasi A institusi,” kata dia.

Lebih lanjut Syamsuhadi menjelaskan, UMP saat ini memiliki 387 dosen tetap, 4 diantaranya berkualifikasi Guru Besar, dan 43 dosen berkualifikasi Lektor Kepala, Lektor 97 dosen, dan Asisten Ahli sebanyak 103 dosen. “Pada tahun 2017, sebanyak 28 dosen UMP berhasil lolos sertifikasi sebagai pendidik profesional, sehingga jumlah dosen yang sudah tersertifikasi sebanyak 185 orang,” katanya.

Sedangkan di Biro Kemahasiswaan dan Alumni, UMP memiliki unit pendukung untuk membantu pengembangan mahasiswa dan alumni diantaranya Student Training Center (STC), Career Development Center (CDC), Student Advisory Center (SAC), Student Scientific Center (SSC), dan Alumni Center (AC).
Prestasi Mahasiswa.

Selain itu, berbagai prestasi juga ditorehkan mahasiswa UMP. Di antaranya, Juara 1 dari 20 Kategori pada Kejuaran nasional Pencak Silat Wasit Juri Open Championship 2017 di Sukabumi, Juara 2 kategori kyorugi senior Putra 63 kg Nasional Ajang Bandung Pandawa II Tae kwon do open Tournament 2017 penyelenggara KEMENPORA RI, Juara 1 kategori kyorugi senior Putra 74 kg Nasional Ajang Bandung Pandawa 2 Tae kwon do open Tournament 2017 penylenggara KEMENPORA RI, Juara 2 kategori kyorugi senior Putra 54 kg Nasional Ajang Bandung Pandawa 2 Tae kwon do open Tournament 2017 penylenggara KEMENPORA RI.

Selanjutnya, Juara 3 Nasional dalam “Innovation Concrete Competition” Tahun 2017, Juara 2 Nasional dalam “Vidio Competition of Asshaudalah National Event of Pharmacy”, Juara 2 Nasional Lomba Paduan Suara Artvaganza di STAN Jakarta, dan Juara 3 Nasional Lomba Beton Nasional Maret 2018.

Makin Mendunia, UMP Jalin Kerja Sama dengan Kampus di Australia

Kerjasama Dalam dan Luar Negeri

Pada Bidang Pengembangan, Kerjasama, Al Islam dan Kemuhammadiyahan, UMP telah memiliki 90 kerjasama dalam negeri baik institusi pemerintah dan perusahaan. Dan kerjasama di wilayah Asia Tenggara, Asia dan Eropa, Amerika, sebanyak 59 MoU yang bertujuan untuk meningkatkan aktivitas akademik dan output lulusan.

“Pada tahun 2018 terus berbenah menuju kampus Digital, dimana segala pelayanan berbasis on line yaitu, persuratan, Digital library, registrasi on line, Sistem Informasi Keuangan dan aset on line,” pungkasnya.

Sementara itu, Ketua Majelis Diktilitbang, Prof. Lincolin Arsyad, PhD mengatakan, usia UMP yang telah menginjak 53 tahun merupakan pencapaian yang luar biasa. “UMP ini terus terang di mata kami (Majelis Diktilitbang) merupakan salah satu universitas yang berkembang sangat pesat. Mulai dari sarana prasarana, sumber keuangan, yang dari waktu ke waktu Alhamdulillah terus meningkat,” katanya.

Acara pidato Milad ke 53 UMP dihadiri oleh Koordinator KOPERTIS Wilayah VI Jawa Tengah Prof. Dr. Dwi Yuwono Puji Sugiharto, M.Pd.,Kons, Koordinator KOPERTAIS Wilayah X Jawa Tengah. Bupati Banyumas, Purbalingga, Banjarnegara, dan Cilacap. Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Jawa Tengah, Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kabupaten Banyumas, Purbalingga, Banjarnegara, dan Cilacap, Pimpinan Daerah Aisyiyah Kabupaten Banyumas.

Pidato milad juga dihadiri oleh Pimpinan Perguruan Tinggi baik negeri maupun swasta di Purwokerto dan sekitarnya, serta Pimpinan PTM di Wilayah Jateng dan DIY, Ketua dan Anggota BPH UMP, para pejabat sipil, TNI, POLRI, dan tokoh masyarakat, lara anggota Senat Universitas Muhammadiyah Purwokerto, dosen, karyawan, dan mahasiswa UMP. (BNC/tgr)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.