Susu Kambing Susu Sehat, Ini Kelebihannya

Peternakan kambing penghasil susu di Indonesia sudah mulai dikembangkan, sebagai salah satu faktor pendorong peningkatan produksi susu yang bersumber dari ternak ruminansia kecil.

Faktor-faktor tersebut dilatarbelakangi oleh modal lebih kecil dalam pengadaan ternak kambing, luas lahan dan tenaga kerja lebih murah dibandingkan peternakan sapi perah.

Faktor lain pendorong berkembangnya susu kambing adalah kelebihan yang dimiliki oleh susu kambing dibandingkan susu sapi, antara lain :

(1) bersifat Hypoalergenik;
(2) globula lemak susu kambing yang diamete lebih, banyak proporsinya dibandingkan susu sapi;
(3) susunan proteinnya paling mirip dengan protein pada ASI (Air Susu Ibu) dibandingkan jenis susu lainnya;
(4) proteinnya lebih mudah dicerna sehingga sangat baik untuk Balita dan anak anak pada masa tumbuh kembang dan
(5) jika dibuat produk keju, maka teksturnya lebih halus; jika dibuat yogurt maka konsistensinya lebih kental dan jika dibuat masker kefir efeknya lebih bagus dibandingkan masker dari susu sapi (mengobati jerawat, memutihkan secara alami, menghilangkan flek hitam dan mengencangkan kulit wajah).

Keistimewaan susu kambing tersebut dapat menutupi kelemahan yang ada pada susu kambing, antara lain :

(1) baunya lebih prengus dibandingkan susu sapi dan
(2) harganya hampir 4 kali lipat dari susu sapi.

Dr. Triana Setyawardani, SPt. MP, dosen LabTeknologi Hasil Ternak, Fakultas Peternakan Unsoed, Purwokerto,  melakukan riset secara berkesinambungan dan konsisten sejak tahun 2006 sampai dengan tahun 2017 untuk menggali potensi unggul dari susu kambing.

Salah satu tujuan riset adalah memberikan motivasi peternak kambing perah dalam memproduksi susu kambing. Beberapa produk olahan susu kambing yang sudah diteliti Triana Setyawardani, sebagai berikut :

Keju
Potensi susu kambing yang dieksplorasi adalah bakteri probiotik unggul yang dihasilkan pada riset tersebut yaitu. L plantarum TW14 dan L.rhamnosus TW 2 yang telah terbukti secara in vitro, in vivo serta sudah diaplikasikan pada produk keju kambing.

Keju kambing yang dihasilkan dari penggunaan penemuan kedua bakteri tersebut mempunyai karakteristik baik, yaitu terjadi peningkatan asam glutamat yang dapat mengurangi bau prengus pada keju kambing. Pengembangan keju kambing mempunyai potensi pasar sangat terbuka terutama di Indonesia, karena sangat jarang keju kambing yang dipasarkan di Indonesia yang mengandung probiotik (functional Cheese)

Yogurt
Yogurt kambing mempunyai segmen konsumen tertentu di Indonesia, sehingga produknya hampir tidak pernah dijumpai di supermarket di Indonesia. Keunggulan yogurt susu kambing terdapat pada kekentalannya, dimana yogurt yang dihasilkan dari susu kambing lebih kental dan lebih putih warnanya.

Penggunaan bahan perisai dan pewarna yang diijinkan oleh BPOM dapat digunakan untuk mengurangi bau prengus sebagai peningkat rasa. Pewarna bisa ditambahkan dengan konsentrasi tertentu sesuai dengan yang dipersyaratkan. Inovasi yogurt juga bisa dilakukan dengan menambahkan bubuk green tea atau pulp strawberi, sehingga kita bisa menjual yogurt kambing dengan rasa greentea yang menyehatkan. Yogurt susu kambing juga bisa dibuat es krim (frozen yogurt) dengan menambahkan toping atau inovasi lainnya.

Kefir sebagai minuman dan masker

Kefir susu kambing sebagai minuman berasam-asam dan sedikit bersoda memang belum sepopuler yogurt, terutama di Indonesia. Manfaat kefir sebagai minuman kesehatan sungguh sangat bermanfaat, beberapa peneliti telah mengkaji manfaaat kefir bagi kesehatan, antara lain mengurangi diabetes, mengurangi kegemukan dan sebagai terapi kolesterol.

Riset telah dilakukan oleh Setyawardani dkk 2014-2016, bahwa pengguaan bibit kefir (kefir grains sebanyak 1 %) hanya menghasilkan kadar alkohol kefir sangat kecil yaitu 0.1 % dan sangat kecil jika dibandingkan dengan kadar alkohol yang ada pada tape dari ubi kayu atau tape dari beras ketan.

Selain dibuat minuman kesehatan / minuman fungsional, kefir juga dapat dibuat menjadi masker kefir yang bermanfaat untuk perawatan wajah. Kefir dibuat masker dengan cara mengkonsentratkan minuman kefir sehingga berbentuk seperti pasta dengan mengandalkan hasil fermantasi kefir grains, akan diperoleh metabolit berupa asam laktat dan alkohol yang digunakan untuk berbagai hal, antara lain : susu kambing sebagai bahan bakunya mampu memutihkan dan menghaluskan kulit muka; asam dan alkohol yang dihasilkan mampu mengeringkan jerawat, padatan kefir mampu membuat kulit muka menjadi kenyal dan kencang. Secara umum masker kefir memiliki sifat detoksifikasi pada kulit terutama kulit wajah.

MANFAAT SUSU KAMBING BAGI KESEHATAN

Susu kambing mempunyai sifat hipoalergenik, tidak menyebabkan alergi bagi anak-anak kecil usia balita, yang jika minum air susu sapi menjadi alergi. Hal ini disebabkan salah satunya susunan protein susu kambing sangat mirip dengan air susu ibu (ASI) sehingga sangat cocok dikonsumsi oleh anak bayi sebagai pengganti ASI.

Beberapa studi menyebutkan bahwa protein susu kambing lebih mudah dicerna oleh saluran pencernaan bayi dibandingkan protein susu lainnya. Susu kambing dipercaya bisa mengurangi asma pada anak-anak, meskipun kajian ilmiah belum banyak. (BNC/Alief Einstein)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.