Bayeman Masih Jadi Perhatian Utama Jalur Mudik

BanyumasNews.com, PURBALINGGA – Jalur tengkorak dusun Bayeman, Desa Tlahab Lor, Purbalingga,  masih mendapat perhatian khusus dari tim operasi ketupat Polres Purbalingga.

Hal itu disampaikan Kabag Ops. Polres Purbalingga, Kompol Herman Setiono saat memaparkan kesiapan mudik  dan kesiapan lebaran 2018, Senin (4/6/2018) di ruang Ardi Lawet komplek kantor Bupati Purbalingga.

Menurut Herman, jalur berkelok serta menanjak dan menurun di Bayeman sering memakan korban jiwa tiap kali musim mudik berlangsung. Menurut hasil observasi yang dilakukan Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Purbalingga, jalur tersebut sering mengalamai peristiwa kecelakaan dikarenakan pengereman dan pengurangan kecepatan yang terlambat, sehingga ketika kendaraan khususnya kendaraan berat sampai di atas lapangan Tlahab Lor, supir tidak bisa mengendalikan laju kendaraannya lagi.

“Peristiwa (kecelakaan) Rosalia Indah di Bayeman tahun lalu yang menelan 4 (empat) korban jiwa itu diketahui karena supir telat melakukan pengurangan kecepatan. Oleh karena itu kami akan mendirikan Pos pengamanan di Cingkrik (perbatasan Karangreja-Tlahab Lor),” kata Herman.

Pendirian Pos pengamanan di Cingkrik untuk memberikan warning kepada supir untuk mengurangi kecepatan kendaraannya lebih dini. Adanya kecelakaan yang sering terjadi dikatahui karena supir mulai mengerem kendaraannya di sekitar cucian mobil pertigaan Bayeman. Herman menambahkan, operasi ketupat tahun ini akan menitik beratkan langkah preventif dan persuasive dalam menanggulangi kecelakaan.

“Kami tidak ingin peristiwa kecelakaan bak terbuka yang memakan korban jiwa di Serang tahun lalu terulang kembali. Jika kami menemukan kendaraan bak terbuka masih digunakan untuk mengangkut orang, akan kami turunkan penumpangnya dan tidak kami tilang,” tambahnya. (BNC/pi)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*