Panwaslu Kebumen tindaklanjuti temuan politik uang

Ditulis 13 Apr 2010 - 20:55 oleh Banyumas1

KEBUMEN – Panwaslu Kebumen menindaklanjuti temuan adanya politik uang dalam Pemilukada yang digelar 11 April lalu dengan melakukan tindakan pengusutan. Ketua Panwaslu Kebumen, Suratno SH, mengatakan bahwa Panwaslu telah menerima laporan 18 kasus temuan praktek politik uang, lengkap dengan barang buktinya.

“ Kami siap menangani semua pengaduan politik uang tersebut,” tegasnya. Salah satu contoh kesiapan tersebut adalah rencana pemeriksaan saksi-saksi.

Monitoring juga dilakukanoleh DSEK Pemilukada Kebumen, yang mendapatkan data situasi dan kondisi termasuk dugaan politik uang. DESK Pemilukada juga mendapatkan masukan dari masyarakat yang datang ke Sekretariat DESK. Bahkan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) sudah melakukan koordinasi dengan DESK, mengingat Pemilukada 2010 Kebumen akan dijadikan catatan Bawaslu tentang pelaksanaan demokrasi di daerah sepanjang 2010. Pemilukada adalah yang pertama dilakukandi tahun 2010 ini di Jawa Tengah.

Berbagai pihak mengecam praktek politik uang yang dilakukan baik langsung ataupun tidak langsung oleh paslon, karea politik uang merupakan kejahatan politik. (BNC/ist/rin)

Tentang Penulis

Leave A Response