Banyumas Siapkan Kesenian Tradisional Sambut Lebaran

Menyambut libur Lebaran, Banyumas menyiapkan kesenian tradisional

BanyumasNews.com, PURWOKERTO- Banyumas kaya tradisi. Lebaran pun tak lepas dari upaya nguri-uri tradisi itu.  Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata (Dinporabudpar) Banyumas menyiapkan pergelaran kesenian tradisional di sejumlah objek wisata dan tempat berkumpulnya warga saat libur Lebaran 2018 nanti.

Kesenian yang akan ditampilkan antara lain lengger, ebeg (kuda lumping), kentongan dan siteran.

Sekretaris Dinporabudpar Banyumas Suwondo, Senin (4/6/2018) mengatakan, pergelaran kesenian tradisional tersebut bertujuan untuk menghibur masyarakat khususnya para pemudik yang sudah berada di kampung halamannya.

“Untuk lokasi pertunjukan kami telah memilih Alun-Alun Purwokerto, Taman Rektreasi Andhang Pangrenan, Taman Balai Kemambang dan Lokawisata Baturraden, kami memilih tempat ini karena lokasinya strategis dan memiliki atmosfer yang kuat untuk dikunjungi masyarakat,” katanya.

Wondo menambahkan para pemudik biasanya merindukan hiburan berupa kesenian tradisional, maka saat mereka pulang kampung di Banyumas, pihaknya memberikan hiburan di ruang publik. Kesenian ini juga tetap menarik untuk masyarakat Banyumas secara umum.

“Selain menghibur masyarakat, tujuan penyelenggaraan juga untuk menaungi dan memberi ruang bagi seniman, agar mereka terus bisa berkreasi pada seni tradisi Banyumas,” katanya.

Lebih lanjut, Wondo mengatakan pergelaran kesenian itu untuk obyek wisata Baturraden berupa musik ketongan, akan dilaksanakan setiap hari tanggal 16-24 Juni jam 09.00-16.00 WIB, Lengger akanditampilkan pada tanggal 17 Juni dan Ebeg akan ditampilkan tanggal 19 Juni masing-masing tampil jam 10.00 s/d 15.00 WIB.

Taman Rekreasi Andhang Pangrenan Purwokerto berupa pementasan Kentongan tanggal 16-17 Juni Jam 19.30 s/d jam 21.00 WIB dan Ebeg tanggal 18 Juni Jam 13.00 s/d 16.00 WIB. Sedangkan Balai Kemambang tanggal 19-21 akan menampilkan kesenian Siteran Banyumasan jam 19.30 s/d 21.00 WIB.

“Sementara di Alun-Alun Purwokerto pada tanggal 17 Juni Kentongan 18 Juni Lengger dan 19 Juni kembali kentongan, pertunjukan akan dimulai, pukul 19.30-21.30 WIB,” tambahnya. (BNC/Pars)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*