IPNU-IPPNU Babakan Ajak Santri TPQ Berprestasi

BanyumasNews.com, KARANGLEWAS – Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ) menjadi wahana pendidikan agama bagi anak-anak, termasuk di Desa Babakan, Kecamatan Karanglewas, Banyumas. Keberadaan TPQ mendapat perhatian khusus dari berbagai kalangan.

Salah satunya dari pelajar yang tergabung dalam IPNU-IPPNU Ranting Babakan. Para pelajar mengapresiasi para asatidz yang telah bekerja keras mengamalkan ilmunya kepada para santri. Yaitu mengajak para santri agar berprestasi dalam perlombaan untuk mengukur kemampuan dan kepiawaiannya.

IPNU-IPPNU menggelar acara  bertajuk ‘Festival Lomba Ramadhan Ceria’, yang diikuti oleh 10 TPQ yang ada di desa Babakan.  Ada lomba tilawah, doa harian, hafalan surat, fashion show, cerdas cermat, dan pidato. Kegiatan tersebut diadakan di Balai NU Desa Babakan pada Ahad (3/6/2018).

Kharis Ansor Fauzi,  ketua IPNU Ranting Babakan menjelaskan, kegiatan bertujuan memperkuat ukhuah Islamiyah antar TPQ dan juga IPNU-IPPNU di Desa Babakan. Ia mengajak para santri agar dapat berprestasi, sekaligus mengapresiasi keberhasilan para asatidz dalam mengajarkan pendidikan di TPQ.

“Walaupun tidak semua TPQ berpartisipasi, tapi alhamdulillah 10 TPQ bisa mengikuti kegiatan”, sambungnya.

Dari 10 TPQ yang mengikuti kegiatan, diantaranya adalah An-Nur Karangpucung, Baitussolihin Karanggandul, Umariyah Pengempon, Api Salaf Karangpucung, Muhibbul Ulum Pengempon Gunung, Qomariyah Kalibamban, Nurul Iman Jatisawit, At-Taqwa Babakan, Sabilil Muttaqin Pejaten, dan TPQ Karangsari.

Sementara itu ketua panitia kegiatan, Nurul Asriyani menuturkan,  dari semua perlombaan yang diadakan, hanya diambil juara 1 dan 2. Acara ini menjadikan para alumni sebagai dewan juri dan didampingi oleh IPNU-IPPNU ranting Babakan yang sekarang.

“Ini adalah kegiatan pertama kami, mengingat belum lama ini baru saja dibentuk kepengurusan. Kami mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah membantu mensukseskan kegiatan. Kami juga berharap agar kegiatan semacam ini dapat terlaksana setiap tahunnya. Semoga bukan hanya dengan ini, para santri dapat berprestasi, tentunya pada ajang yang lebih tinggi lagi,” tambahnya.

Keluar sebagai juara pada lomba tilawah yaitu Fika dari TPQ Umariyah Pengempon dan Azka dari TPQ An-Nur Karangpucung. Sedangkan pada lomba doa harian, yaitu Fiana dari Baitussolihin Karanggandul dan Oktavia Ramadani dari TPQ At-Taqwa Babakan.

Sementara lomba hafalan surat dimenangkan oleh Faria dari TPQ Api Salaf Karangpucung dan Suci dari Nurul Iman Jatisawit. Pada lomba fashion show yang menjadi juara yaitu Natania dari At-Taqwa Babakan dan Elsa Hani dari Baitussolihin Karanggandul. Dan lomba cerdas cermat yaitu Virgin, Zalfa, dan Anggita dari TPQ Muhibul Ulum Pengempon Gunung dan TPQ Umariyah atas nama Fadilatul, Wardah, dan Alfat. (BNC/Fajar Pujianto/ Pers dan Jurnalistik PAC IPNU Karanglewas)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.