Cilacap gelar festival budaya selama tiga pekan

CILACAP – Cilacap yang secara geografis terdiri dari daerah pantai dengan mata pencaharian utama sebagai nelayan, dan daerah pertanian dengan watak agrarisnya, memunculkan ekspresi berkesenian yang berbeda di masing-masing daerah.

Kesenian tradisional yang tumbuh di Nusawungu, Adipala dan Binangun yang dikenal sebagai daerah pesisir selatan berbeda dengan seni tradisional di Kroya, Maos, Kawunganten, Cipari dan Kedungreja. Demikian juga kalau kita lebih ke utara yaitu di Majenang dan Dayeuhluhur.

Sebagai sarana pelestarian dan pengembangan kesenian khas daerah Cilacap, sebuah festival budaya akan berlangsung di Cilacap, dimulai hari ini Selasa 13 April 2010 sampai 29 April 2010. Menurut Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Cilacap, Kabupaten Cilacap, Drs. Indro Cahyono, MM festival sekaligus mendorong motivasi bagi para pelaku seni budaya untuk terus melestarikan agar kesenian daerah tidak punah.

Festival yang dilaksanakan selama tiga pekan mendatang, akan dibuka pada hari Selasa (13/4) di Gedung Dwijaloka Cilacap.

Indro menambahkan, “Festival Seni Budaya Cilacap” akan diisi dengan kegiatan pameran seni rupa hasil karya 4 seniman perupa Cilacap yang dilaksanakan tanggal 13 sampai dengan 15 April 2010, kemudian diskusi perfilman bersama siswa SLTA dan pemutaran film pendek hasil karya seniman Cilacap dilaksanakan tanggal 22 April 2010, serta Parade Pagelaran wayang golek dan wayang kulit oleh 6 dalang yang dilaksanakan tanggal 28 dan 29 April 2010. (BNC/ist/hum)

Ilustrasi  (from: infomajenang.blogspot.com)
Ilustrasi (from: infomajenang.blogspot.com)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.