Amaliyah Ramadhan: Tarling di Tujuh Titik Banyumas

BanyumasNews.com, PURWOKERTO – Pelaksana Harian (Plh) Bupati Banyumas Ir Wahyu Budi Satomo melakukan tarawih keliling (tarling) ke sejumlah masjid di Wilayah Kabupaten Banyumas. Dalam kegiatan Amaliyah Ramadan 1439 H ini, Plh Bupati dijadwalkan mendatangi 7 titik tarawih di seluruh penjuru kabupaten.

Kepala Bagian Humas dan Protokol Setda Kabupaten Banyumas, Joko Wiyono mengatakan, tarling sudah diawali Senin (21/5/2018) di Masjid Baitul Muslimin Patikraja. Kemudian Selasa (22/5) di Masjid Darul Qur’an Desa Karangtengah Baturraden, Kamis (24/5) di Masjid Arrohman Rawalo dan Jumat (25/5) di Masjid Desa Purwodadi Kecamatan Tambak.

Rombongan Plh Bupati didampingi oleh Kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), Pimpinan Bank Indonesia, Pimpinan Perbankkan, Pimpinan BUMD, Pimpinan Baznas dan para Kepala Bagian Setda. Untuk pemberangkatan menuju lokasi mereka menggunakan Bus Pemkab.

“Agar memudahkan koordinasi Pemkab menyediakan angkutan bus dan akan berangkat bersama-sama dari Pendapa Sipanji Purwokerto,” kata Joko Wiyono Jumat (25/5/2018) diruang kerjanya.

Pada setiap kegiatan tarling, rombongan menyerahkan bantuan rata-rata Rp 7,5 -8 juta, beberapa peralatan sholat, Alquran dan 107 paket sembako senilai Rp 8,2 juta dari Badan Amal Zakat Nasional (Baznas).

Paket sembako ini diperuntukan masyarakat kurang mampu sebanyak 100 paket, 3 paket untuk marbot, 2 paket untuk guru Madrasah Diniyah dan 2 paket untuk Guru TPQ.

“Bantuan uang berasal dari Bank Jateng, Bank BKK, PDAM Satria, RSUD Banyumas, Kemenag, BNI, BRI dan lainya.” tambah Joko.

Kemudian tida masjid lagi yang akan didatangi berikutnya yaitu Masjid Bilal Bin Rabah Desa Banjarsari Ajibarang Senin (28/5), Masjid Bayangkara Jl Perintis Kemerdekaan Purwokerto Rabu (30/5) dan terakhir di Masjid Jami Al Mustofa Desa Wiradadi Kecamatan Sokaraja.

Selain Tarling di 7 masjid tersebut, Plh Bupati juga dijadwalkan mengikuti Tarling yang digelar oleh Badan Pembinaan Rohani Islam Kementrian Agama, di empat tempat lainnya. Yaitu Masjid Jenderal Besar Sudirman Jl Gatot Soebroto Purwokerto, Rabu (23/5), Masjid Bayangkara (30/5), Gedung Widyatama Unsoed Purwokerto Jumat (1/6) dan Bank Indonesia Purwokerto (4/6).

Joko menambahkan kegiatan amaliah Ramadan untuk para Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Sekretariat Daerah mengikuti pengajian setiap Jumat jam 08.00-09.00 WIB di Graha Satria.

Selain tarling, pemkab juga sudah mengagendakan kegiatan buka puasa bersama. Kegiatan ini digelar tiga kali masing-masing bersama ulama/pengasuh pondok pesantren, wartawan dan lintas generasi sudah dilaksanakan Rabu (23/5), kemudian dengan pengasuh dan anak-anak panti asuhan akan dilaksanakan Senin (4/6), dan dengan fakis miskin, pemulung dan tukang becak akan dilaksanakan Rabu (6/6).

“Untuk buka bersama ketiganya dilaksanakan di Pendopo Sipanji Purwokerto,” katanya. (BNC/Pars)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*