Lima Program Unggulan Penyaluran Zakat

BanyumasNews.com, PURBALINGGA – Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Purbalingga memiliki lima program unggulan dalam Program Kerja untuk menyalurkan dana zakat di Kabupaten Purbalingga.

Program unggulan Baznas Purbalingga terdiri dari lima program sebagai upaya pengentasan kemiskinan di Kabupaten Purbalingga.

“Bentuk kegiatan Baznas Purbalingga memiliki lima program yang pertama Purbalingga Sejahtera, kemudian Purbalingga Cerdas, Purbalingga Sehat, Purbalingga Peduli dan terakhir Purbalingga Dakwah,” kata Ketua Baznas Kabupaten Purbalingga, Chumaedi saat ditemui di Pendopo Dipokusumo, Kamis (24/5/2018) lalu.

Chumaedi menjelaskan, program pertama kegiatan penyaluran Baznas Purbalingga yakni Purbalingga Sejahtera dan kegiatan yang termasuk di dalamnya Zakat Produktif. Pada Tahun 2017 Baznas Kabupaten Purbalingga telah menyalurkan zakat bagi 20 kelompok yang setiap kelompoknya terdiri dari 5 orang.

“Maka ada 100 orang yang mendapatkan bantuan Zakat Produktif dimana masing-masing mendapatkan Rp 450 ribu jadi total bantuan zakat produktif Rp 450 juta,” paparnya.

Program selanjutnya yakni Purbalingga Cerdas dengan maksud untuk mendukung peningkatan kualitas dan kuantitas peserta didik kurang mampu dari mulai tingkat TK/RA sampai dengan SMA/MA/SMK. Kegiatan yang ada di dalam program ini yakni bantuan pendidikan yang meliputi program beasiswa anak asuh, rumah cerdas Baznas serta beasiswa mahasiswa produktif.

“Kegiatan utama program ini yaitu bantuan dana belajar bagi siswa/santri kurang mampu, bantuan alat sekolah bagi anak keluarga dhuafa, beasiswa Dhuafa Berprestasi bagi keluarga dhuafa secara berkelanjutan,” jelas Chumaedi.

Adapun Program Purbalingga Peduli, lanjutnya, untuk meringankan beban masyarakat yang terkena bencana alam. Kegiatan utama yang diusung melalui program Purbalingga Peduli diantaranya Rehab Rumah TIdak Layak Huni (Remahtilani), Bantuan Miskin Dhuafa, Aksi Cepat Tanggap Darurat (ACTD), Baznas Tanggap Bencana (BTB), dan Bantuan Paket Sembako.

“Ada lagi kegiatan lainnya seperti bantuan rutin kepada lembaga panti asuhan, bantuan bagi anak yatim piatu non panti asuhan, bantuan ghorimin dan bantuan ibnu sabil,” lanjutnya.

Selanjutnya program Purbalingga Sehat, jenis kegiatannya yakni pembiayaan bagi dhuafa yang sakit. Baznas Purbalingga juga telah menyediakan transportasi dan biaya pengobatan sehingga mampu menjadikan masyarakat yang sehat.

“Kami menyediakan layanan perjalanan/mobil, kami mempunyai dua kendaraan untuk melayani secara gratis dari mereka berangkat ke rumah sakit dan pulang dari rumah sakit juga biaya-biaya pengobatan menurut kadar kemampuan yang telah ada,” tutur Chumaedi.

Terakhir pada program Purbalingga Dakwah, penyaluran dana zakat ditujukan untuk menumbuh kembangkan keberagamaan masyarakat guna menciptakan masyarakat Purbalingga yang berakhlakul kharimah. Adapun kegiatan yang dilakukan melalui program Purbalingga Dakwah yakni Kegiatan Islami dan Sabililah. (BNC/PI/*)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*