UMP Siapkan Beasiswa Untuk Fakir Miskin dan Yatim

BanyumasNews.com, PURWOKERTO – Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) telah menyiapkan sejumlah solusi buat mereka yang ingin kuliah tapi punya keterbatasan dana. Di UMP telah disiapkan beasiswa untuk Fakir Miskin dan Yatim.

Selain beasiswa Fakir Miskin dan Yatim, UMP juga menyediakan beasiswa Hafidz Al-Quran, beasiswa berprestasi, dan beasiswa Kader Muhammadiyah.

Belum cukup sampai di situ, UMP juga membuka beasiswa Peningkatan Prestasi Akademik (PPA) DIKTI Kopertis VI, BIDIKMISI DIKTI, dan PPA & BEM UMP.

“Beasiswa di UMP itu ada delapan, itu bisa dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya. Ke-delapan beasiswa itu adalah beasiswa PPA DIKTI KOPERTIS VI, BIDIKMISI DIKTI, PPA & BEM UMP, Hafidz Al Quran, Berpestasi, Kader Muhammadiyah, Fakir Miskin dan Yatim,” ujar Kepala Biro Pusat Penerimaan Mahasiswa Baru UMP Anis Shofiyani, SP., MP., Rabu (23/5/2018).

Anis menjelaskan, beasiswa UMP merupakan cara UMP dalam menjaring anak-anak bangsa yang secara akademik punya potensi. Namun mereka mempunyai kendala biaya. Nantinya para mahasiswa akan dibantu biaya per semester sesuai dengan beasiswa yang diambil.

“Tahun ini UMP memiliki beberapa pilihan fakultas. Di antaranya Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Ekonomi dan Bisnis, Teknik dan Sains, Pertanian. Juga Fakultas Psikologi, Farmasi, Sastra, Hukum, Ilmu Kesehatan, Kedokteran, Pascasarjana, serta Program Profesi Apoteker, Ners, Dokter, dan Kebidanan,” paparnya.

Selain jenjang strata satu, UMP juga memiliki beberapa program pascasarjana, di antaranya Program Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Pendidikan Bahasa Inggris, Magister Manajemen, Pendidikan IPS, dan Pendidikan Dasar.

“Saat ini UMP telah memiliki 59 laboratorium dengan teknologi modern, 38 keunggulan prodi, 6 riset unggulan penelitian unggulan sebagai bentuk dedikasi atas pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. UMP juga telah melakukan 77 kerja sama dalam negeri, 68 kerja sama luar negeri, dan 49 mahasiswa asing,” kata dia.

Pendaftaran mahsiswa baru, kata dia, ada tiga gelombang. Yakni gelombang satu mulai Februari-Mei, gelombang dua mulai Juni-Juli dan gelombang tiga di bulan Agustus 2018.

“Informasi lebih lanjut bisa dikunjungi  http://ump.ac.id  atau http://kemahasiswaan.ump.ac.id atau ke Whatsapp Center PPMB UMP di 085800099761,” katanya. (BNC/tgr)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.