Aroma politik uang merebak di pemilukada Kebumen

Ditulis 11 Apr 2010 - 15:20 oleh Banyumas1

*) Satu meninggal di TPS

KEBUMEN – Aroma politik uang (money politic) ditengarai marak dalam Pemilukada Kebumen, Jawa Tengah, yang digelar hari ini Minggu (11 April 2010). Anggota Panwas Kasran SH kepada wartawan mengakui adanya indikasi politik uang di berbagai daerah, dan Panwas sedang mendalami temuan tersebut.

Namun secara umum pencoblosan berjalan lancar. Memang ada kabar duka, yaitu adanya pemilih yang meninggal saat menunggu giliran memilih, bernama Dulah Kasan, warga RT 01/Rw 04 Desa Banjarwinangun, Kecamatan Petanahan, namun ia meninggal karena terjatuh dan diduga mengalami serangan jantung

Serangan fajar

Sementara itu, dugaan adanya serangan fajar yang dilakukan oleh tim sukses calon bupati/wakil bupati ditengarai marak menjelang pelaksanaan pencoblosan. Seperti dikutip Antara, sejumlah warga di Kebumen, Minggu, mengaku menerima pemberian uang dari tim sukses salah satu pasangan calon pada Sabtu malam (10/04).

“Tadi malam ada orang yang datang ke rumah untuk memberi uang sebesar Rp10.000,00 dengan dalih sebagai bekal untuk mencoblos pada hari-H pemungutan suara. Setelah memberi uang, orang itu meminta saya supaya jangan lupa mencoblos calon tersebut,” kata Andi (40).

Semula Andi berniat untuk “golput” dengan alasan tidak mengetahui program-program yang ditawarkan masing-masing pasangan calon. Akan tetapi, setelah menerima uang tersebut, dia mengaku terpaksa menggunakan hak suaranya.

“Warga Kebumen biasanya tidak gunakan hak suaranya jika tidak mendapat uang atau sembako dari pasangan calon. Jika ada yang memberi lebih besar, dia yang akan dipilih,” katanya.

Warga lainnya, Endang (66), mengatakan bahwa banyak warga di sekitar rumahnya di Desa Bumirejo, Kecamatan Kebumen, menerima pembagian uang dari salah satu pasangan calon. Kendati demikian, dia mengaku tidak menerima pembagian uang tersebut.

Belum bisa dipastikan tim sukses paslon yang membagi-bagikan uang kepada calon pemilih.

Jumlah pemilih dalam Pemilukada Kabupaten Kebumen berdasarkan daftar pemilih tetap (DPT) tercatat 973.723 orang dengan 2.070 tempat pemungutan suara (TPS) yang tersebar di 26 kecamatan. (BNC/ist/rin/ant)

Tentang Penulis

1 Komentar so far. Feel free to join this conversation.

  1. iklan 05/05/2010 pukul 23:35 -

    politik uang (MP) wajar disetiap pemilihan.tp masalah tersebut tdk terlepas dari peran kepemimpinan yg lalu,suka atau tdk bhw harapn masyarakat ttg kesejahteraan yg diharapkan tdk terwujud,mk dg sedikit sentuhan mereka bs menemukan harapan meskipun dg hanya 5 rb an.dalm hal ini jangan salahkan yang menang dlm pilkada tp koreksilah kenapa ini bs terjadi

Leave A Response