Owabong Gelar Atraksi Wisata Bersih Sumber dan Ruwat Bumi

BanyumasNews.com, PURBALINGGA – Obyek wisata air Bojongsari (Owabong) akan menggelar event ‘Bersih Sumber dan Ruwat Bumi’, pada Minggu (13/5/2018). Kegiatan ini sebagai bentuk manifestasi rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa, sekaligus melestarikan salah satu tradisi dan adat istiadat masyarakat di sekitar Owabong.

“Makna yang hakiki daripada bersih sumber sebenarnya adalah bersih diri manusia, yaitu bersih hati, pikiran dan tindakan yang dilakukan menjelang bulan Ramadhan yang lebih dikenal dengan istilah “Padusan”,” kata Plt Direktur Utama PD Owabong, Drs M Hartono, Kamis, (10/6/2018) pagi.

Dikatakan Hartono, tradisi bersih sumber merupakan salah satu atraksi wisata yang menarik. Selain sebagai upaya melestarikan tradisi yang sudah ada, sekaligus untuk menarik kunjungan wisatawan.

“Dengan kemasan yang lebih menarik diharapkan atraksi wisata  ini menjadi salah satu upaya untuk mempromosikan Owabong khususnya, dan obyek wisata lain di Purbalingga,” kata Hartono.

Ia menambahkan, kegiatan bersih sumber dan ruwat bumi Owabong juga bertujuan memberikan hiburan bagi masyarakat sekitar sekaligus melibatkannya untuk meningkatkan taraf hidup dan ekonomi.

Sementara itu Kepala Bidang Pariwisata Dinas Pemuda Olah Raga dan Pariwisata (Dinporapar) Purbalingga, Ir Prayitno, M.Si mengatakan, kegiatan bersih sumber dan ruwat bumi sebagai atraksi wisata diharapkan semakin menambah kunjungan wisata ke Purbalingga.

“Tahun 2017 lalu, kunjungan wisatawan ke Purbalingga mencapai 2,4 juta. Dan pada tahun 2018 ini ditargetkan jumlah kunjungan wisatawan sebanyak 3 juta. Hal ini seiring dengan penambahan dan pembenahan daya tarik wisata baru,” kata Prayitno.

Daya tarik wisata baru itu, lanjut Prayitno, seperti wahana Coralia 3 yang terdiri dari wahana permainan ketangkasan diatas air, dan foto underwater. Selain itu juga pembenahan tiga daya pikat baru Gokuse (Golaga/Goa Lawa Purbalingga, Serang dan Kutabawa).

“Untuk daya tarik wisata yang dikelola swasta yakni Taman Wisata Pendidikan Purbasari Pancuranmas menyajikan wahana baru Purnama atau Purbasari Nuansa Malam. Wahana Purnama ini, wisatawan diajak untuk menikmati ribuan jenis ikan dengan taburan sinar yang mempesona diwaktu malam hari,” tambah Prayitno. (BNC/y)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.