Jembatan Wirasana – Kalikajar Mendesak Dibangun

BanyumasNews.com, PURBALINGGA – Kabupaten Purbalingga lagi-lagi membuat perencanaan proyek dengan nilai yang tidak sedikit. Kali ini Kelurahan Wirasana, Kecamatan Purbalingga, dan Desa Kalikajar, Kecamatan Kaligondang, yang terpisah oleh sungai Klawing akan dibuatkan jembatan untuk memudahkan mobilitas masyarakat.

Hal itu terungkap dalam pemaparan oleh Kepala Bappelitbangda (Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah ) Purbalingga, Yani Sutrisno di depan Bupati dan Plt. Gubernur Jawa Tengah, Sabtu (5/5/2018) di bantaran sungai Klawing.

Yani mengatakan, pengajuan bantuan dana untuk pembangunan jembatan kepada Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Tengah dimaksudkan untuk mempermudah akses warga Kaligondang, Pengadegan serta Kejobong menuju RSUD Purbalingga sehingga pasien akan cepat mendapat pertolongan.

“Kami mohon untuk dikabulkan Rp 30 miliar ajuan bantuan kami kepada Pemprov Jateng mengingat urgensi pembangunan jembatan yang begitu mendesak,” kata Yani.

Seperti diketahui, permohonan bantuan itu diajukan Pemkab Purbalingga saat Musyarawah Rencana Pembangunan Wilayah (Musrenbangwil) di Cilacap beberapa waktu lalu. Anggaran pembangunan jembatan tersebut diperkirakan mencapai Rp 30 miliar atas APBD Provinsi tahun 2019.

Plt. Gubernur Jateng, Heru Sudjatmoko menilai usulan tersebut realistis mengingat dampak yang akan ditimbulkan begitu besar. Menurutnya, pembangunan bandara yang sebentar lagi akan dilakukan di Purbalingga juga membutuhkan alternatif ruas jalan sehingga tidak terjadi kemacetan di kota Purbalingga.

“Jika pembangunan jembatan ini dilakukan, dampaknya bukan hanya untuk jalan RSUD tapi menyambut pembangunan bandara juga,” tutur Heru.

Heru memerintahkan untuk memasukan pembangunan jembatan tersebut ke dalam rencana APBD Provinsi 2019. Namun, dia meminta kepada Pemkab Purbalingga untuk mengkaji ulang perencanaan pembangunan agar lebih rinci.

“Mohon dirancang dan dianggarkan lebih detail secepat mungkin agar kami bisa menindaklanjuti,” pungkasnya. (BNC/PI-8).

Ket foto: peninjauan Plt. Gubernur di sungai Klawing dalam rangka rencana pembangunan jembatan

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.