BSI Purwokerto Ajak Ibu-ibu PKK Manfaatkan Internet Secara Sehat

Pengabdian Masyarakat BSI Purwokerto ajak PKK Karangkemojing Manfaatkan Internet secara Sehat

BanyumasNews.com, PURWOKERTO- PPPM BSI Purwokerto pada Ahad (29/4/2018) mengunjungi Desa Karangkemojing, Kecamatan Gumelar, Kabupaten Banyumas,  untuk sharing dengan organisasi PKK tingkat desa dalam acara pengabdian masyarakat.

Dalam kunjungan itu,  BSI mensosialisaikan bagaimana memanfaatkan internet secara sehat.  Antusiasme masyarakat terutama ibu-ibu anggota PKK untuk mengikuti kegiatan tersebut sangat tinggi, sekitar 70 peserta dari 4 wilayah Rukun Warga.

Materi tentang Internet Sehat Untuk Keluarga disampaikan oleh Nuzul Imam Fadlilah ST. M.Kom, yang mengajak peserta yang kebanyakan ibu rumah tangga, sebagai ujung tombak awal pendidikan dalam keluarga, untuk bisa mengontrol keseharian anak kita masing-masing.

“Pendidik anak dalam keluarga menjadi tanggung jawab orang tua khususnya ibu. Seorang ibu lebih dominan untuk memberikan pendidikan semasa anaknya masih kecil”, papar Nuzul.

Kemajuan jaman yang sekarang ini sedang kita alami, lanjutnya, mau tidak mau harus kita jalani. Kehidupan sekarang yang sangat modern ataupun pergaulan bebas, modernisasi budaya generasi muda yang lebih kebarat-baratan, bahkan lebih parahnya sampai peredaran narkoba.

Ibu-ibu PKK Karangkemojing ikut sosialisasi internet sehat

Dunia internet sebagai teknologi informasi juga mempunyai peran efek negatif dalam keadaan kehidupan sekarang. Adanya media sosial yang sangat menjamur di masyarakat sekarang, tidak sedikit yang memanfaatkan medsos tersebut untuk hal-hal negatif.

“Internet menjadikan informasi yang positif maupun negatif akan cepat sampai kepada masyarakat dan bisa menjangkau ke seluruh dunia”, tambah Nuzul.

Untuk itu sebagai orangtua, kita punya kewajiban untuk menjaga anak kita dari bahaya/sisi negatif, yang bersumber dari teknologi informasi terutama internet. Lebih dari 10 hal negatif dalam pemanfaatan internet, seperti hacker/cracker, pencurian data, spamming, penculikan, perdagangan gelap, pornografi, perjudian dan lain sebagainya. Bahkan ada efek terhadap otak, bahkan termasuk penyakit otak yang bisa mempengaruhi kehidupan seseorang seperti emosional, susah memecahkan masalah, dan ketergantungan.

Dalam acara tersebut, yang dihadiri juga pihak Kepala Desa Karangkemojing, Joko Purnomo dan disambut oleh Ketua Tim Penggerak PKK Tingkat Desa Ibu Kusdiyanti, S.Pd. (BNC/ist/Zoe)

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.