Tingkatkan Kualitas Mahasiswa, BSI Adakan Seminar PKM 2018

BanyumasNews.com, PURWOKERTO – AMIK BSI Purwokerto menggelar Seminar Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) 2018 dengan tema “Penciptaan Karya Ilmiah Kreatif Menuju PKM 2018”, pada Rabu (25/4/2018) dan berlangsung hingga Jumat (27/4/2018).

Seminar bertempat di Aula Kampus AMIK BSI Purwokerto, dihadiri lebih dari 350 mahasiswa dari 2 program studi, yakni Manajemen Informatika dan Teknik Informatika.

Menurut Ketua Program Studi Teknik Informatika, Bapak Nuzul Imam Fadlilah, S.T, M.Kom, seminar ini merupakan salah satu upaya BSI untuk meningkatkan kualitas mahasiswanya melalui ide-ide kreatif yang dapat dituangkan ke dalam Proposal PKM baik itu dari PKM Penelitian, Kewirausahaan, Pengabdian Masyarakat, Penerapan Teknologi, Artikel Ilmiah, maupun Gagasan Tertulis.

Seminar menghadirkan 2 narasumber yaitu Ketua Program Studi Teknik Informatika, Nuzul Imam Fadlilah, S.T, M.Kom dan Eva Argarini Pratama, M.Kom selaku Ketua Program Studi Manajemen Informatika. Selain memotivasi para mahasiswa, Nuzul dan Eva juga membantu mahasiswa menemukan ide-ide kreatif dari hal-hal yang sederhana.

“Ide kreatif itu ada dimana-mana. Bisa jadi saat kita melakukan kegiatan sehari-hari, kita menemukan hal yang unik, lalu kita amati, itu pun bisa diangkat menjadi tema dalam PKM. Itulah mengapa diadakan seminar seperti ini”, ujar Nuzul.

Nuzul menambahkan, dari hasil seminar PKM ini, para peserta akan dibentuk menjadi beberapa kelompok dan wajib mengusulkan satu judul proposal PKM.

“Setelah kegiatan ini, kami menghimbau kepada para mahasiswa untuk membentuk kelompok yang beranggotakan 5 orang. Mereka nantinya akan dibimbing oleh kami dalam pembuatan proposal PKM.” tambahnya.

Tahun ini AMIK BSI Purwokerto (terakreditasi B) pada kedua program studinya, menargetkan jumlah proposal yang lebih banyak dibanding tahun sebelumnya, yaitu sebanyak 100 proposal yang diusulkan.

Salah satu mahasiswa BSI, Doni, mengatakan kegiatan seminar ini benar-benar membuat para mahasiswa antusias untuk membuat proposal PKM.

“Saya rasa untuk meningkatkan kualitas mahasiswanya, BSI harus rutin mengadakan seminar seperti ini. Tentunya untuk membantu mahasiswa menemukan ide kreatif yang selama ini mungkin masih belum bisa diangkat ke dalam tema PKM. Semoga saja tahun saya dan teman-teman dapat lolos dalam PKM 2018 DIKTI”,  katanya. (BNC/ist)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.