Bandara JB Soedirman Akan Menampung 300 Ribu Penumpang Pertahun

BanyumasNews.com, PURBALINGGA – Presiden Republik Indonesia Joko Widodo, secara resmi menyatakan pembangunan Bandara Jenderal Besar (BJB) Soedirman dimulai konstruksinya. Bandara ini akan mampu menampung 300 ribu penumpang per tahunnya.

Pembangunan tersebut akan dilakukan dua tahap, yakni tahap pertama pembangunan runway 1.600 meter.

Kemudian tahap kedua dilakukan pembangunan runway sepanjang 2.500 meter, serta pembangunan terminal penumpang seluas 3.000 meter persegi.

“Terminal penumpang seluas 3.000 meter akan menampung 300 ribu penumpang pertahun, dan pembangunan diharapkan dapat selesai akhir tahun 2019”, kata Jokowi.

Dengan terbangunnya bandara JB Soedirman, Jokowi berharap akan berdampak positif bukan hanya Kabupaten Purbalingga namun berdampak pada 8 kabupaten lainnya seperti Banjarnegara, Kebumen, Banyumas, Pemalang, Tegal, Brebes, Kota Tegal, dan Wonosobo.

“Semuanya bisa memanfaatkan airport ini, dan kita harapkan akan muncul titik-titik pertumbuhan ekonomi baru dan sekitarnya,” katanya saat peninjauan pembangunan BJB Soedirman, Senin (23/4/2018).

Presiden Jokowi menambahkan di Purbalingga dan sekitarnya sekarang ini sudah tumbuh  investasi, yang semuanya hampir berorientasi ekspor. Seperti  industri bulu mata terbesar karena memperkerjakan  60 ribu tenaga kerja. Kalau bandara ada diharapkan investasi-investasi itu akan membesar dan terus berekspansi.

“Kita harapkan bukan hanya bulu mata saja, investasi-investasi dibidang lainnya bisa dikembangkan,” tambahnya. (BNC/Pi)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*