Aisyiyah Banyumas Gelar Porseni PAUD

BanyumasNews.com, PURWOKERTO – Sebanyak 500 anak berpartisipasi dalam ajang Pekan Olahraga dan Seni (Porseni) tingkat Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Aisyiyah tahun 2018 se-Kabupaten Banyumas. Kegiatan dilaksanakan Kamis (19/4/2018) di Alun-alun Purwokerto.

Porseni tersebut dibuka oleh Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Banyumas Drs Purwadi Santoso M.Hum.

Ketua panitia Siti Aminah mengatakan, kegiatan Porseni PAUD Aisyiyah se-Kabupaten Banyumas merupakan program rutin dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan dan kwalitas sumber daya manusia dimasa mendatang.

“Tujuan utama yang ingin dicapai melalui kegiatan ini adalah membiasakan serta menanamkan rasa percaya diri dan mengembangkan nilai karakter yang kuat pada anak usia dini. Karena, usia 4-6 tahun adalah usia emas, sehingga untuk meningkatkan kreatifitas dan kemampuan anak perlu adanya sarana berbentuk lomba,” katanya.

Aminah menambahkan, untuk mengembangkan bakat, minat dan kemampuan yang dimiliki anak maupun guru PAUD perlu terus dilaksanakan, agar anak menjadi pribadi yang percaya diri, mandiri, berani, disiplin, bertanggung jawab.

Termasuk pula mengembangkan aspek perkembangan anak di bidang nilai agama dan moral, bahasa, kognitif, motorik, seni, serta membantu perkembangan sosial emosial anak, lanjutnya.

“Selain tujuan di atas, Porseni juga untuk meningkatkan ukhuwah Islamiyah anak dan guru serta syiar keberadaan kelompok bermain (KB), Taman Penitipan Anak (TPA) dan TK Aisyiyah,” paparnya.

Dalam kegiatan Porseni tersebut, para peserta untuk kategori TK akan mengikuti sejumlah kegiatan lomba, seperti lomba tari Islami wedhana, Lomba Sholat Berjamaah, Lomba melempar bola, dan lomba hafalan ayat pilihan yaitu QS Al-Insyiroh dan QS Al-Baqoroh.

“Untuk kategori Kelompok Bermain lomba berupa tari Islami Aslamualikum, lomba gerakan sholat, lomba memindahkan bola dan lomba menghapalkan Surat A-Fatehah dan Al-Ikhlas,” tambahnya. (BNC/Pars)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.