Kontes Kambing Didominasi Kambing Jawa Timur

Jawa Timur Dominasi Juara Kontes Kambing Bupati Cup Purbalingga 2018

PURBALINGGA – Kambing asal Jawa Timur masih mendominasi kejuaraan Kontes Kambing Bupati Cup 2018 yang diselenggarakan oleh Himpunan Peternak Domba Kambing Indonesia (HPDKI) DPC Purbalingga di lapangan Parkir Barat Stadion Goentoer Darjono, Minggu (15/4/2018).

Kontes diikuti ratusan kambing dari peternak Purbalingga dan luar daerah, yang bersaing untuk memperebutkan juara di 18 kategori.

“Untuk kategori kambing PE baik kelas A, B, C, D dan E jantan betina, juara masih didominasi dari daerah Jawa Timur seperti Banyuwangi, Kediri, Malang, Mojokerto, Surabaya, Lumajang, Tulungagung dan Blitar,” ujar Ketua HPDKI Purbalingga, Khozin.

Meski didominasi peserta Jawa Timur, kategori ini masih menyisakan juara untuk peserta dari Purbalingga dan Banjarnegara.

Sementara kategori kambing Boer jantan dan betina dimenangkan oleh kambing dari Blitar dan Cilacap. Kategori Sannen jantan dan betina dijuarai kambing asal Wonosobo dan Cilacap.

“Khusus kategori kambing Kejobong A jantan dan betina dimenangkan Si Legi IV dan Silegi II milik Sumono (Kejobong). Kategori kambing Kejobong B jantan dimenangkan oleh Jaliteng milik Sugiono (Langgar) dan B betina Ngudi Dadi milik Maryono asal Kedarpan,” jelasnya.

Menurutnya, selain untuk menggalang silaturahmi dengan peternak domba/kambing baik di lokal Purbalingga maupun luar Purbalingga, juga untuk mengenalkan kambing Kejobong sebagai ternak khas Purbalingga.

“Kambing Kejobong diakui sebagai  kekayaan genetik lokal oleh pemerintah pusat,” katanya.

Asisten Ekonomi dan Pembangunan Drs. Widiyono, MSi menyambut baik penyelenggaraan kontes kambing yang diikuti peserta se Jawa.  “Harapan kita kambing Kejobong dapat berkembang dan lestari agar dapat menjadi maskot ternaknya Purbalingga,” katanya.

Widiyono memaparkan, saat ini di Kabupaten Purbalingga terdapat populasi kambing mencapai 252.368 ekor. Sedangkan populasi domba berkisar 46.762 ekor. Khusus untuk kambing Kejobong populasinya mencapai 22.379 ekor dimana populasi terbanyak di kecamatan Kejobong.

Dia berharap, melalui kegiatan kontes kambing seperti ini mampu menjadi pendorong para peternak untuk tetap eksis sekaligus mampu meningkatkan kesejahteraanya. (BNC/Hr/hum)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.