IT Telkom Purwokerto Siapkan Program Literasi Digital

BanyumasNews.com, PURWOKERTO – Pemkab Banyumas bersama Institut Teknologi Telkom Purwokerto (IT Telkom Purwokerto) bersama-sama ingin meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) Banyumas dalam bidang Teknologi Informasi. Hal ini tertuang dalam nota kesepahaman (MoU / Memorendum of Understanding) antara dua lembaga itu.

MOU ditandatangai oleh PLT Bupati Banyumas dr Budhi Setiawan dan Rektor IT Telkom Purwokerto Dr. Ali Rokhman, M.Si, Senin (9/4/2018) di Ruang Joko Kahiman Komplek Sipanji Purwokerto.

Plt Bupati Banyumas dr Budhi Setiawan mengatakan program literasi digital apabila dapat diimplementasikan dan dipraktikan langsung di dalam lingkungan masyarakat, akan mempermudah memahami perkembangan teknologi terkini, khususnya perkembangan teknologi dan akan bisa menjadi solusi karakteristik masyarakat jaman sekarang.

“Era sekarang ini menjadikan teknologi seperti smartphone sebagai teman baik dan menjadi wadah untuk mengekspresikan diri secara virtual,” kata dr. Budhi Setiawan.

IT Telkom Purwokerto sebagai salah satu perguruan tinggi di Banyumas tentu mempunyai kewajiban moral untuk ikut mencerdaskan masyarakat sesuai dengan bidangnya yaitu teknologi informasi.

“Masa sekarang ini memiliki kecenderungan menggunakan serta memanfaatkan teknologi terkhusus teknologi informasi dan komunikasi, sebut saja teknologi smartphone dalam kehidupan sehari-harinya. Kemampuan smartphone sebagai teknologi baru dengan dilengkapi berbagai fitur menarik menjadi jurus ampuh untuk mempengaruhi masyarakat agar menggunakannya sekaligus menjadikan smartphone tersebut menjadi bagian yang tidak terlepaskan di dalam setiap rutinitas kesehariannya,” tambahnya

Rektor IT Telkom Purwokerto Dr. Ali Rokhman, M.Si., mengatakan progam institusinya mengangkat tema mengenai literasi digital dan menjembatani masyarakat dalam memahami perkembangan teknologi terkini, khususnya perkembangan teknologi yang berada di sekitar eks. Karesidenan Barlingmascakeb (Banjarnegara, Purbalingga, Banyumas, Cialcap, dan Kebumen).

“Program-program tersebut diantaranya berkenaan dengan peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM), program ini akan di dukung dengan adanya program pelatihan dan pendidikan yang ditujukan untuk masyarakat, kemudian ada program Penelitian dan pengabdian sekaligus mengembangkan program riset penerapan teknologi yang akan diimplementasikan kepada masyarakat,” katanya. (BNC/dian)

1 Comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*