Desa Saudagaran Maju Lomba Kebersihan Tingkat Nasional

Desa Saudagaran Maju Lomba LBS Tingkat Nasional sebagai wakil Jateng

BanyumasNews.com, BANYUMAS – Warga Desa Sudagaran mampu bertahan dengan identitas suasana pedesaan, walau berada di pusat pemerintahan kecamatan Banyumas. Gotong royong dan lingkungan sehat dengan penghijauannya dijadikan unggulan.

Dengan kondisi itu, mereka kini menjadi Wakil Jawa Tengah untuk menuju kancah nasional dalam lomba Lingkungan Bersih dan Sehat (LBS) tingkat nasional.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Banyumas, Suyanto mengatakan Desa Saudagaran berhasil menjadi Juara LBS Tingkat Propinsi Jawa Tengah. Dengan prestasi itu Saudagaran mewakili Jawa Tengah maju lomba tingkat nasional.

“Desa Saudagaran telah mengikuti proses lomba dengan mengirim kelengkapan administrasi dan sudah masuk enam nominasi tinggkat nasional, sehingga akan ditinjau oleh Tim Tingkat Nasional untuk menentukan yang terbaik dari enam nominasi tersebut,” katanya usai rapat persiapan penerimaan kunjungan Jumat (6/4/2018) di Ruang Rapat Sekda Banyumas.

Yanto menambahkan, untuk mewujudkan lingkungan yang bersih dan sehat membutuhkan kerja bersama dengan berbagai pihak. Keterpaduan dengan berbagai pihak mampu memberikan pengertian dan pengetahuan serta pemahaman akan hidup sehat dengan lingkungan yang bersih

“Kerja bersama lintas sektor berhasil memberikan pemahaman, pengertian dan pelaksanaan akan perilaku hidup sehat pada warga masyarakat Desa Saudagaran,” tambahnya.

Kepala Desa Saudagaran Hadi Mulyono mengaku kesiapannya dalam visitasi atau kunjungan dari Tim Pusat yang rencanaan dijadwalkan pada Sabtu 21 April mendatang. Menurutnya tidak ada kesiapan khusus dalam lomba itu, hanya tak pernah berhenti mengingatkan warganya untuk bersih dan sehat.

“Karena yang dinilai lingkungan, sebenarnya yang menjadi kendala saat ini justru jalan kabupaten yang rusak, dari Alun-alun ke barat sampai Pasar Banyumas,” katanya.

Sementara itu Ketua Tim Penggerak PKK Desa Saudagaran Sri Sabarti mengatakan keberhasilan desanya menjadi Juara Provinsi karena mendapat bimbingan dari berbagai pihak dan warganya yang masih mempertahankan tradisi gotong royong. (BNC/pars)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*