Curug Silintang, Pesona Curug 75 Meter di Karangreja

BanyumasNews.com, PURBALINGGA – Air terjun atau biasa disebut curug ternyata mampu menjadi salah satu pilihan terbaik untuk melepas penat setelah beraktivitas seharian. Pesona alam yang satu ini ternyata mampu memanjakan mata dengan keeksotikannya.

Daerah Purbalingga merupakan surganya curug. Curug dapat ditemukan dengan sangat mudah, pilihan curugnya pun beragam. Curug Silintang, salah satu pilihan yang bisa dinikmati keindahannya.

Curug Silintang berada di Dukuh Cumbut, Desa Tlahab Lor, Kecamatan Karangreja. Akses menuju Curug Silintang dapat dijangkau dengan mudah kurang lebih 19 km dari pusat kota. Untuk menjangkau lokasi curug dapat menggunakan kendaraan pribadi melalui jalur tembus dari barat Lapangan Desa Tlahab Lor menuju Desa Siwarak yang kini tengah diselesaikan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purbalingga kurang lebih memakan jarak 2 kilometer.

Dari jalan tembus inilah, pesona Curug Silintang yang tingginya mencapai 75 meter dapat telihat dari kejauhan.

Perjalanan masih harus dilanjutkan dengan berjalan kaki sejauh satu kilometer dari pemukiman. Kurang lebih membutuhkan waktu 15 menit untuk mencapai Curug Silintang melewati jalan makadam dan perkebunan warga.

Perjalanan panjang yang dilalui untuk mencapai lokasi tidak akan terasa, udara segar dan menyejukan akan menemani langkah menuju curug. Sesampainya di curug rasa lelah pun akan hilang tergantikan dengan rasa takjub akan keindahan Curug Silintang.

“Akses jalannya cukup tidak terlalu jauh, ini sudah mengasyikan sekali, pemandangan yang indah, dan rasa cape akan hilang begitu sampai di Curug Silintang,” kata Prayitno, Kepala Bidang Humas dan Informasi Komunikasi Publik (IKP) pada Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Purbalingga saat dijumpai di Curug Silintang akhir pekan lalu.

Curug Silintang, tambahnya memiliki air yang segar dan jernih sekali. Menurutnya, dinas terkait setempat harus bisa memotivasi penduduk setempat untuk mengembangkan Curug Silintang sebagai salah satu destinasi wisata di Purbalingga.

“Mari yang belum ke Curug Silintang, jangan ragu-ragu mengunjungi curug ini, segernya pol,” ungkap Prayitno.

Di samping pesona gemercik air dari ketinggian dan kesejukan alam, pengunjung juga dapat menikmati jajaran pegunungan dan area persawahan yang membentang luas dari ketinggian. Apabila sedang beruntung, pengunjung dapat melihat pancaran pelangi di antara bebatuan.

“Curugnya bagus gak kalah sama yang lain, airnya seger banget, ada pelanginya juga, ini keren,” ujar Lilian Kiki Triwulan (23) salah satu pengunjung Curug Silintang.

Tak lengkap rasanya apabila mengunjungi Curug Silintang tanpa mengabadikannya dalam bentuk foto maupun video. Terlebih lagi, lokasi tersebut dikelilingi keindahan alam yang masih asri bercirikan khas bebatuan, tebing yang menjulang, air yang jatuh dari ketinggian dan pelangi yang berada diantara bebatuan.

Curug Silintang, sejuta pesona yang tetap terjaga keeksotikannya. (BNC/PI-7)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.