Jalur Wangon – Cilacap ambles di Jeruklegi

Ditulis 07 Apr 2010 - 21:41 oleh Banyumas1
|
Berita Kategori
Tak Berkategori
159
Dalam Tag

CILACAP – Anda yang berkendara melintasi jalur Wangon – Cilacap melalui Jeruklegi mesti hati-hati, karena di jalan raya yang menghubungkan Kabupaten Banyumas dengan Kabupaten Cilacap via Wangon itu ambles sedalam sekitar setengah meter di Desa Jeruklegi Wetan, Kecamatan Jeruklegi, Kabupaten Cilacap.

Jalur ini sebenarnya tidak terlalu padat, namun sering dilewati kendaraan lintas provinsi dan truck besar (tronton) pengangkut semen maupun tanki solar / bensin dari Cilacap. Beruntung warga berinisiatif memasang drum bekas dan membatasi daerah yang ambles dengan batu. Mereka juga ada yang mengatur lalu lintas menghidnari kecelakaan. Namun kalau malam tetap berbahaya karena daerah tersebut gelap (tidak ada lampu penerangan jalan).

Dari informasi yang dihimpun dari seorang pekerja proyek perbaikan jalan, Slamet, (Rabu, 07/04) mengatakan jalan tersebut akan selesai diperbaiki dalam seminggu.

Sebab amblesnya jalan itu diduga kerana tanah penahan tergerus air hujan dan aliran sungai Jeruklegi, dimana daerah sekitar juga rawan longsor. Amblesnya jalan kali ini merupakan yang ketiga, demikian Slamet menuturkan.

Kepala Binamarga Kabupaten Cilacap, Priyono saat dihubungi membenarkan adanya jalan yang ambles, yaitu di Km 49 Jeruklegi. Binamarga saat ini berupaya mengatasinya  dengan memasang bronjong di dinding tebing di bawah badan jalan. Ditambahkan, tanah di lokasi sekitar jalan yang ambles kondisinya labil sepanjang tujuh kilometer. (BNC/ist)

Jalur yang ambles di Jeruklegi wetan

Jalur yang ambles di Jeruklegi wetan

Tentang Penulis

Leave A Response