Seribu Becak Wisata Disiapkan Purbalingga

BanyumasNews.com, PURBALINGGA  – Becak wisata akan menjadi ikon baru andalan wisata di Purbalingga.  Hal ini menyusul Pemkab Purbalingga yang tengah menyiapkan 1.000 becak untuk mendukung sektor pariwisata.

Becak unik itu nantinya akan menjadi daya tarik transportasi wisata unik di pusat kota dan di beberapa tempat wisata.

“Purbalingga terus bertekad membenahi sektor pariwisata, kami membenahi destinasi wisata dan tengah menyiapkan 1.00 becak yang unik,” kata Bupati Purbalingga H Tasdi, SH, MM, di ruang kerjanya, Kamis (22/3/2018).

Hal itu disampaikan saat menerima kunjungan rombongan press tour dari Dinas Komunikasi dan Informatika (Dinkominfo) Provinsi Jateng. Dikatakan Bupati, keberadaan becak wisata ini, nantinya seperti becak wisata di Yogyakarta yang bisa digunakan oleh wisatawan keliling dalam kota dan di beberapa lokasi wisata.

“Di Purbalingga ada sekitar 1000 tukang becak. Nantinya tukang becak itu yang diutamakan sebagai pengayuh becak wisata. Mereka juga akan dilatih tentang Sapta Pesona, dan pelatihan bahasa Inggris atau bahasa Korea,” kata Tasdi.

Tiru Banyuwangi

Di bagian lain, Tasdi mengatakan pihaknya juga akan meniru Kabupaten Banyuwangi yang sering menggelar event festival wisata. Jika di Banyuwangi dalam satu tahun ada 57 jenis festivall atau hampir setiap minggu ada hiburan, maka paling tidak di Purbalingga secara rutin dalam satu bulan juga ada festival.

Saat ini saja sudah ada festival Jenderal Soedirman, Festival Gunung Slamet, Festival Onje, Festival Congot, dan beberapa festival lain yang akan disiapkan. “Saat ini, akan disiapkan empat festival baru yang diharapkan akan semakin membuat wisatawan berkunjung ke Purbalingga,” kata Tasdi.

Tasdi mentargetkan jumlah kunjungan wisata ke Purbalingga sebanyak 5 juta dalam satu tahun. Saat ini  kunjungan wisata sudah mampu mencapai 2,4 juta wisatawan per tahunnya. Dengan jumlah kunjungan ini Purbalingga masih menempati peringkat keempat di Jateng, setelah Kabupaten Magelang dengan Candiborobudurnya, Kota Surakarta, dan Kota Semarang.

“Kami optimis, seiring dengan penambahan destinasi baru seperti Golaga (Goa Lawa Purbalingga), dan Gokuse (Goa Lawa Kutabawa Serang), dan Sekugo (Serang Kutabawa Goa Lawa), akan mampu mendongkrak kunjungan wisatawan,” kata Tasdi optimis. (Bnc/PI-1)

Ket foto : Bupati menunjukkan gambar rencana becak wisata. Sebanyak 1.000 becak akan disiapkan untuk mendukung porgram Purbalingga Sejuta Satu Pesona, Sejuta Pesona Wisata dan Satu Kenangan.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*