Membahayakan, Beringin Jalan A Yani Dipangkas

Beringin Raksasa Jalan Ahmad Yani  Purwokerto Dipangkas

BanyumasNews.com, PURWOKERTO – Pohon beringin raksasa harus dipangkas karena membahayakan pengguna jalan. Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Banyumas memangkas pohon beringin raksasa yang berada di Jl. Ahmad Yani Selasa (20/3/2018). Pemangkasan dilakukan untuk mengurangi kerimbunan pohon agar tidak mengkawatirkan pengguna jalan dan warga sekitar.

Kepala Bidang Kebersihan dan Petamanan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Banyumas, Ngadimin mengatakan, pihaknya memangkas ranting pohon beringin di Taman Ahmad Yani sebagai lanjutan pemangkasan pohon beringin di Halaman Pendopo Wakil Bupati.

”Pemangkasan dilakukan karena tegakan pohon sudah miring lebih dari 5 derajat, dan untuk mengurangi kerimbunan, karena cabangnya sudah cukup besar,” katanya.

Menurutnya, pohon beringin tersebut secara umum masih sehat, artinya tidak keropos, namum pohon terlalu rimbun sehingga perlu dipangkas dan dikurangi cabangnya. Dengan pemangkasan itu diharapkan dapat mengurangi kekawatiran pengguna jalan dan masyarakat sekitar jika terjadi hujan dan angin.

Salah seorang warga, Khoerul, menuturkan pemangkasan pohon beringin yang terlalu rindang tersebut memang diperlukan. Karena kalo hujan turun disertai angin dirinya merasa was-was melihat pohon beringin bergoyang-goyang.

“Kadang saya kawatir pohon beringin itu tumbang atau patah cabangnya,” katanya.

Ngadimin melanjutkan, pemangkasan pohon juga akan dilakukan terhadap pohon yang menghalangi rambu-rambu lalu lintas. “Termasuk pohon yang menghalangi rambu di Jalan Gatot Soebroto, dalam waktu satu dua hari akan kami lakukan pemangkasan,” terangnya. (BNC/Pars)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*